/> Skip to main content

Begini Tanda WhatsApp Disadap atau di Hack Orang Lain, Salah satunya Baterai Cepat Habis

Tanda WhatsApp Disadap atau di Hack Orang Lain - WhatsApp sekarang sudah menjadi aplikasi pesan singkat yang banyak digunakan oleh hampir semua kalangan baik muda atau tua, pengganti SMS jaman dulu.

Sebagai aplikasi chatting terpopuler WhatsApp sering mengeluarkan fitur-fitur terbaru yang membuat kesan tersendiri bagi penggunanya. Dari sekian banyak fitur dari WhatsApp ada satu fitur yang cukup menarik, fitur tersebut adalah whatsApp web.

Begini Tanda WhatsApp Disadap atau di Hack Orang Lain, Salah satunya Baterai Cepat Habis

Dengan fitur ini kita bisa melakukan chat, berkirim video dan gambar melalui sebuah pc atau laptop jadi fitur ini bisa kita manfaatkan untuk mengumpulkan tugas-tugas sekolah atau pekerjaan kantor yang umumnya dikerjaakan di laptop.

Namun, di balik kepopuleran WhatsApp ini, tidak jarang pengguna mengalami sejumlah masalah yang cukup tidak mengenakan.

Salah satu hal yang paling membahayakan adalah ketika WhatsApp pribadi milik kita disadap oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Biasanya hal ini tidak kita sadari karena smartphone tetap berjalan normal ketika disadap dan tidak ada gejala apapun ketika WhatsApp telah diretas oleh orang lain dalam hal tampilan dan firur-fiturnya.

Lalu bagaimana cara mengetahui tanda-tanda awal ketika WhatsApp disadap orang lain? dari informasi yang kami dapatkan, WhatsApp mengalami beberapa ciri ketika disadap atau diretas, diantaranya adalah sebagai berikut.

Tanda WhatsApp Disadap atau di Hack Orang Lain

1. WhatsApp sering Log Out sendiri.

Terkadang aplikasi WhatsApp ter-log out sendiri tanpa disadari. Hal ini biasanya sering disepelekan oleh pengguna dan cuma dianggap sebagai angin lalu saja. WhatsApp yang sering forced close dan keluar secara tiba-tiba, bisa jadi WhatsApp kita sedang disadap atau diretas.

Hal ini bisa terjadi karena WhatsApp kita sedang dicoba dibuka di perangkat smartphone lain, yang pada akhirnya akan menyebabkan WhatsApplog out dari smartphone kita. Cara mengetahui apakah disadap atau tidak adalah ketika terjadi hal aneh yang terjadi pada akun WhatsApp.

2. WhatsApp Web Aktif

Hal ini bisa dilihat ketika kamu pertama kali login di perangkat baru dan kemudian muncul notif WhatsApp Web milikmu telah login diperangkat lain. Padahal kamu merasa tak pernah login WhatsApp Web di perangkat manampun sebelumnya. 

3. Timbul Suara-suara Bising Ketika Video Call 

Ciri berikutnya adalah ketika sedang melakukan video call WhatsApp terdengar suara bising.

Fitur Video Call memang fitur di WhatsApp yang sangat membantu dan kelebihan aplikasi ini tetapi dibalik itu semua fitur ini merupakan celah yang bisa dimanfaatkan hacker untuk melakukan tindak penyadapan. Salah satu ciri-ciri WhatsApp disadap lewat fitur ini adalah terdengar suara bising (noise) saat sedang melakukan panggilan.

Secara teknis hal itu terjadi karena ada aplikasi mata-mata yang digunakan untuk merekam percakapan ketika menelepon. 

4. Baterai Cepat Boros 

Jika smartphone sering mengalami daya baterai cepat habis padahal jarang menggunakan aplikasi yang cukup berat kamu harus waspada.

Masalahnya mungkin saja WhatsApp milikmu terlah menjadi korban penyadapan oleh orang tak bertanggung jawab. Konsumsi baterai yang boros bisa disebabkan karena ada aplikasi, virus, dan malware mencurigakan yang berjalan di background sistem. 

5. Kuota Data Boros  

Jika kondisi WhatsApp milikmu dalam kondisi disadap bisa saja paket internetmu lebih cepat habis daripada biasanya.

Padahal sebelumnya smartphone hanya digunakan dengan seperlunya saja namun kuota data cepat habis.

Hal ini terjadi karena ada aplikasi lain yang berjalan dan mengharuskan paket data kita tetap aktif karena mereka memanfaatkan jaringan internet untuk mengawasi kita dari tempat lain, intinya tanpa koneksi internet mereka bisa terhubung dengan perangkat kita.

6. Perangkat Keras Sangat Panas 

Pada saat smartphone tiba-tiba mengalami peningkatan suhu yang tak wajar bisa jadi itu adalah tanda WhatsApp milikmu sedang dibajak.

Hal itu terjadi karena beberapa hacker mungkin menggunakan metode untuk menyusupkan aplikasi, malware dan virus ke dalam smartphone milikmu.

Akhir Kata

Mungkin hal ini tidak berarti buat kita yang chat-chatnnya hanyalah berisi tegur sapa antara teman, saudara atau sahabat, tetapi akan sangat berbahaya jika WhatsApp yang disadap adalah milik seorang figur atau WhatsApp dipergunakan untuk transaksi bisnis.

Jadi selalu waspada adalah solusi terbaik karena tidak ada aplikasi apapun yang luput dari aksi-aksi hacker, karena mereka selalu mengikuti update teknologi dan mencari kelemahannya. Mungkin solusi kedua adalah sedikit menjaga jarak dengan aplikasi atau tidak menggunakan sarana komunikasi ketika melakukan pembicaran yang penting dan pribadi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->