/> Skip to main content

Perbedaan Sinyal 1G, 2G, 3G, 4G, Siapa yang Paling Tercepat dan Stabil

SekampungWifian - Masih bingung dengan perbedaan 1G, 2G, 3G dan 4G, yang sering kita ucapakan tiap hari, mungkin banyak yang gagal paham atau malah tidak tahu sama sekali, yang kita tahu itu hanyalah sinyal hp, tahukah Anda dalam perbedaan tersebut terdapat teknologi yang menandai kemajuan teknologi Mobile Broadband, dan di tiap perbedaan selalu membawa perubahan di konekfitas jaringan sebuah ponsel atau telephon.

Simbol G menunjukan generasi berapa teknologi nirkabel tersebut, dan huruf menandai urutannya,   semakin tinggi angkanya maka semakin canggih teknologi yang digunakan dan begitu seterusnya. Tiap generasi akan menghadirkan teknologi Mobile broadband yang berbeda-beda, contoh yang paling kelihatan adalah antara 3G dan 4G, kita dapat merasakan sendiri bagaimana kecepatan internet ketika melakukan browsing dan streaming.
Kemajuan internet yang begitu pesat mungkin menjadi salah satu faktor kenapa teknologi seluler juga berbenah, lihat saja kualitas video di youtube sudah mencapai ultra HD, mungkinkah hanya dengan kecepatan transfer rate 3G kita bisa menontonnya. Dari sini dapat kita ketahui jika perkembangan internet sedikit banyak mempengaruhi teknologi jaringan seluler. 

Nah, mau tahu perbedaan sinyal 1G, 2G, 3G, 4G siapa yang paling ngebut dan teknologi apa yang dihadirkan di tiap generasi.

Generasi Teknologi Nirkabel Mobile Broadband

Generasi Sinyal 0G

Disebut dengan Sistem Telepon Radio Seluler adalah bentuk pertama dari telepon seluler dan juga merupakan bagian dari jaringan telepon umum atau juga disebut telepon pra-seluler. Pada generasi ini hanyalah pengalihan nomor individu dari telephon umum. Sangat sedikit informasi yang bisa kita gali pada generasi 0G ini, tetapi sejarah mencatat jika penggunaan seluler komersial pertama disediakan oleh perusahaan Motorolla dan Bell.

Generasi Sinyal 1G

Generasi Nirkabel mulai digunakan sudah lama sekali tepatnya tahun 1980 di Jepang dengan memanfaatkan sinyal analog dan itulah cikal bakal telphon genggam (HP). Teknologi ini melibatkan pengambilan sinyal audio frekuensi rendah dan mentranfernya ke frekuensi tinggi di atas 150MHZ sehingga dapat menempuh jarak yang lebih jauh.

Di generasi ini belum ada protocol keamanan jaringan, jadi sangat rawan dengan penyadapan atau hal-hal negatif lainnya. Akhirnya karena faktor keamanan inilah, 1G secara permanen dihentikan khususnya di Asia Tengah.

Generasi Sinyal 2G

Generasi kedua adalah hadirnya sms (pesan teks) perbedaan dengan generasi pertama dimana di generasi kedua ini teknologi 2G sudah memanfaatkan sinyal digital, pada generasi ini ada perkembangan yang cukup pesat di dunia nirkabel dimana lahirnya MMS dan dengan GPRS, edge.

Pada generasi ini kita juga akan mengenal kata GSM yang tidak asing di telinga kita, GSM merupakan kepanjangan global komunikasi seluler dimana teknologi yang hadir di generasi kedua semuanya dibawah standart GSM.

Generasi Sinyal 3G

Generasi ketiga, menurut SKW di generasi inilah kerajan Warnet runtuh dan mulai gulung tikar karena signal 3G sudah bisa menggantikan akses internet melalui kabel dan di dunia ponsel biasa disebut mobile broadband pertama, di genersi ini hadirlah sinyal High Speed Packet Access (HSPA) dilihat dari katanya saja, kita sudah dapat mengetahui jika koneksi dan tranfer data yang digunakan berkecepatan tinggi (High Speed).

Layanan yang diberikan di generasi ke tiga ini semakin luas diantarnya adalah akses internet seluler, protocol suara melalui internet, video call dan akses internet TV.

Sedangakan teknologi yang dihadirkan di generasi ketiga adalah sebagai berikut:
  1. Sіnуаl EDGE  yang tеlаh mеmеnuhі ѕреѕіfіkаѕі 3G. 
  2. Sistem Telekomunikasi Seluler Universal (UMTS) didasarkan раdа ѕtаndаr GSM dan mеnеtарkаn ѕеmuа aspek jaringan ѕеlulеr termasuk jaringan аkѕеѕ rаdіо, fungѕіоnаlіtаѕ jаrіngаn іntі, dan оtеntіkаѕі реnggunа dengan kаrtu SIM. Ini mampu mеndukung kecepatan trаnѕfеr dаtа hingga 42 Mbіt / dеtіk 
  3. Wideband Cоdе Division Multiple Access (W-CDMA) аdаlаh mеtоdе аkѕеѕ saluran уаng memungkinkan beberapa akses trаnѕfеr dаtа ѕuаrа, tеkѕ, MMS, dаn vіdео ѕtrеаmіng melalui satu saluran mеnggunаkаn bеbеrара реmаnсаr. 

Generasi Sinyal 4G

Generasi 4 adalah generasi Mantul - mantab betul,karena di genersi ini kita sudah bisa streaming video dengan stabil dan lancar tanpa buffer, dimana teknologi nirkabel ini menawarkan kecepatan unduh (download) hingga 100 Mbps dan kecepatan unggah (upload) hingga 50 Mbps.

Bisa dibilang 4G adalah sinyal anak milenial karena dengan kepatan koneksinya kehidupan anak milenial dapat berjalan yaitu online..online.

Banyak yang harus kita ketahui di generasi 4G ini agar kita tidak ketinggalan jaman, karena generasi di atasnya sudah mulai mengintip dan sudah mulai diperkenalkan yaitu 5G. Teknologi 4G adalah teknologi yang menjadikan semuanya dapat dikendalikan secara digital (tafsir pribadi).

Beberapa hal yang harus Anda tau pada teknologi nirkabel 4G, di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Pеnggunааn раkеt ѕwіtсhіng bеrbаѕіѕ IP di ѕеluruh jаrіngаn 
  • Pеnggunааn bаndwіdth уаng dараt dіѕkаlаkаn аntаrа 20 dаn 40 MHz dan аkоmоdаѕі rеѕроnѕіf dаrі lеbіh bаnуаk pengguna dаlаm ѕеtіар sel. 
  • Kесераtаn dаtа 100 Mbіt / dеtіk jіkа реnggunа jаrіngаn bergerak dаn hіnggа 1Gbit / dеtіk jіkа tіdаk bеrgеrаk 
  • Rоаmіng tаnра hаmbаtаn mеlіntаѕі jаrіngаn dan wіlауаh gеоgrаfіѕ secara global. 
Di teknologi 4G kita pasti sering mendengar teknologi LTE dan biasanya kita juga sering salah kaprah memahami antara 4G dengan LTE

LTE bisa dibilang sinyal 4G belum sempurna dimana sinyal ini belum memenuhi standart IMT Advance yaitu standart International Mobile Telecomunication. LTE hanyalah sinyal kontemporer yang masih terus berevolusi menuju sinyal 4G. Sinyal LTE menawarkan kecepatan koneksi mencapai 100Mbits/detik jadi masih jauh dari kecepatan 4G yang sebenarnya.

Kecepatan tranfer data Antar Generasi, adalah sebagai berikut :

1G – Original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) 14.4 kbps
2G – Digital narrowband circuit data (GSM,TDMA, CDMA) 9-14.4 kbps
2.5G – Packet data onto a 2G network (GPRS, EDGE) 20-40 kpbs
3G – Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) 500-700 kbps
3.5G – Replacement for EDGE is HSPA 1-3 mbps and HSDPA up to 7.2Mbps
4G – Digital broadband packet data all IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE) 3-5 mbps
5G – Gigabit per second in a few years (?) 1+ gbps

Sedikit tambahan dimana teknologi ini berada di frekuensi 1.800MHz, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemenkominfo) sekarang sedang bersiap mengumumkan 4G LTE tahap dua yang diterapkan di frekuensi 1.800 MHz. Pengumuman kebijakan untuk teknologi itu akan dilakukan pada pertengahan Februari 2015.

Akhir Kata
Nah, gimana kawan?Generasi mana yang menjadi jagoan Anda sebagai tunggangan untuk berselancar ke dunia maya, tentu dengan mudah dapat saya tebak dan jawabanya adalah 4G, dimana teknologi 4G adalah generasi terbaru dan kecepatan yang ditawarkan jauh diatas 3G dan generasi lainnya dibawahnya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->