/> Skip to main content

WIFI Anda Sedang Dalam Bahaya, HTTPS Juga Jebol

WIFI Anda Sedang Dalam Bahaya, HTTPS Juga Jebol
Mungkin informasi tentang injeksi virus kurang peminatnya karena user sudah merasa jaringannya sudah aman karena menggunakan password, dan tidak ambil pusing dengan keamanan jaringannya. Dan mungkin mereka juga menggap internet bukanlah jaringan, internet ya internet dan bukan wifi.

Apakah anda tahu jika internet sebenarnya juga jaringan, yaitu jaringan besar WAN (Wide Area Network).

Kita mengangap jaringan kita sudah aman karena router meggunakan security yang terenkripsi kriptografi wpa2 yaitu security paling aman di jaman ini. Kemungkinan password dibobol agaknya sangat kecil karena kehadiran security wpa2.

Mungkin security WPA2 masih aman untuk jaringan wifi disini (desa), karena masih sedikit orang yang melek jaringan atau komputer.

Adapun para pelaku pembobolan adalah anak-anak jahil dan yang meggunakan aplikasi gratisan seperti WPS Connect yang katanya bisa membobol password wifi, Bisakah?

Temukan jawabannya dalam artikel bagaiman cara kerja aplikasi WPS Connect untuk membobol wifi di

Pemikiran tradisional seperti itu akan menjadi bomerang jika dilakukan oleh praktisi jaringan yang berada di kota karena kejahatan cyber sangatlah berbahaya.

Kejahatan cyber yang ada di kota arah dan tujuannya sangatlah berbeda dengan kejahatan cyber di desa, kasus yang sering terjadi adalah pemobobolan data pribadi dan perbankan Anda.

Dari informasi yang saya dapatkan jika security WPA2 sudah bisa dijebol, akibatnya merembet ke aktifitas Online kita bahkan HTTPS juga bisa diretas.

Kejahatan ini dinamakan KRACK ini yaitu serangan terhadap security WPA2 menggunakan teknik baru yang disebut serangan instalasi ulang kunci, apa yang membedakan dengan serangan pembobol wifi lainnya

 Serangan ini akan menanamkan virus ransomeware dan malware kejaringan kita, dan akibatnya data-data kita akan dicuri lewat serangan KRACK ini.

Cara kerja KRACK adalah memecah wpa2 dan memaksa perangkat terhubung kembali, dimana penyerang disaat itu akan menginjeksikan virus kedalam jaringan dan akhirnya data kita akan tamat.

Dari  penelitian sistem Android, Linux, Apple, Windows, OpenBSD, MediaTek, Linksys, dan masih banyak lagi sudah didapati terpengaruh dengan serangan KRACK ini. Serangan  ini  menurut kami sangat berbahaya karena penyerang dapat mengintip user dan password anda.

Jika saya lihat dari demonya penyerang akan menggunakan beberapa aplikasi seperti wireshrack dan tentunya dengan kode srcipt  KRACK yang penggunaanya dapat anda temukan di Github.

Upgrade firmware router terbaru adalah solusi terbaik hingga saat ini yaitu upgrade sistem router dan security terbaru dengan security WPA3, untuk informasi lebih mendetail lagi tentang KRACK bisa anda baca DISINI.

Kesimpulan dari artikel ini adalah jika membuat password usahakan mematuhi  tata cara yang yang  direkomendasikan para pakar praktisi jaringan buatlah seunik mungkin tetapi juga mudah diingat.

Pemilihan password yang unik ini bukan untuk keamanan router saja, pemilihan password bisa anda praktekan di setiap membuat apapun yang membutuhan suatu password.

Dari pengalaman pemilihan password biasanya akan menjadi kebiasaan yang di ulang-ulang jadi jika kita terbiasa memilih password  yang  unik otomatis jika sewatu-waktu kita membuat password maka yang teringat adalah password yang biasa kita gunakan.Terimakasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->