/> Skip to main content

Internet Lemot, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Internet Lemot, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Trouble atau gamas kita menyebutnya jika koneksi internet mengalami masalah, biasanya di tandai koneksi buruk dan loading yang lama ketika digunakan untuk membuka sebuah situs web atau membuka sebuah video. Ketika internet sangat dibutuhkan tentunya itu menimbulkan frustasi dan rasa jengkel.

Banyak faktor yang menyebabkan internet lemot, dibawah ini beberapa penyebab yang sering kami temui di lapangan.

Internet Lemot, Inilah Penyebabnya

Kemancetan Jaringan

Biasanya terjadi pada jam-jam istirahat, misalnya pada waktu magrib atau sekitar jam 6 sore, diwaktu ini lalu lintas internet sangat padat, karena banyak orang sedang istirahat dan melakukan aktifitas browsing atau streaming untuk menghilahkan lelah dan penat.

Faktor Alam atau Lingkungan

Ketika hujan biasanya internet akan terasa lambat apalagi jika kita mengunakan sambungan wifi,
pemadaman wifi dari provider biasanya juga akan terjadi jika cuaca ekstrem.

Interferensi Sinyal

Maksud saya disini adalah sinyal yang saling tumpang tindih dikarenakan frkuensi wifi saling bertabrakan dengan frkuensi perangkat lainnya.

Misalnya banyak perangkat yang mempergunakan frekuensi sama disekitar kita, contonya microwave, remote tv , dan bluetooth dapat menggangu sinyal wifi. Akibatnya sinyal wifi yang diterima oleh ponsel atau laptop menjadi lemah akhirnya internet menjadi lemot.

Bandwidth Internet di Curi

Pencurian ini biasanya terjadi karena dibobol dan tersebar, jika dibobol biasanya adalah secara ilegal yaitu mereka mempergunakan semacam aplikasi untuk membobol password wifi kita. Dan untuk tersebar adalah password wifi kita dibocorkan dari mulut-kemulut dari seseorang yang tahu akan password wifi kita.

Seseorang tau password wifi kita tentunya akan mempergunakan dan memanfaatkan internet gratis akhirnya bandwidrh kita terbagi dengan si pembobol password wifi.

Banyaknya Perangkat yang Terhubung

Anda bisa menghitungnya sendiri berapa banyak perangkat yang terhubung di rumah Anda, seperti Ponsel, laptop, TV berbayar, CCTV dan lainnya, tentunya setiap perangkat akan memakan banwidth yang berbeda-beda, jika satu waktu perangkat bersamaan bekerja tentulah internet Anda akan terasa lemot karena bandwith terbagi sama ke setiap perangkat.

Cara Mengatasi Internet Lemot

Merestart Router, biasanya dengan merestart router akan membuat router Anda fresh kembali dan chace yang bengkak akan menjadi normal kembali.

Restart router bisa kita lakukan dengan cara mematikan beberapa menit router dan menghidupkannya kembali.

Pergunakan frekuensi wifi yang masih kosong, Anda bisa mengetahui frekuensi chanel yang kosong dengan menggunakan sebuah aplikasi seperti wifi analizer yang bisa kita download dari Playstore secara gratis. Selanjutnya kita menuju ke setting router dan mengganti chanel frekuensi wifi kita.

Matikan atau Hide wireles, jika keadaan darurat, contohnya anda dikejar waktu seperti pekerjaan kantor, tugas sekolah yang secepatnya harus dikerjakan, Anda bisa mematikan sementara wifi anda berganti ke sambungan kabel LAN.

Setel Ulang Router, langkah ini hanya boleh dilakukan jika anda memang benar paham dengan dunia jaringan,karena kesalahan setting router akan mengakibatkan kegagalan koneksi internet Anda.
Hubungi customer sevice provider Anda.

Jika semua langkah diatas tidak menyelesaikan masalah maka langkah terakhir yang kita ambil adalah menghubungi layanan provider internet Anda. Jelaskan secara detail apa yang terjadi dengan koneksi internet Anda, teknisi provider Anda akan lebih tau dan lebih berkompetensi jika dibandingkan dengan teknisi umum.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->