/> Skip to main content

Topologi RT RW Net di Desa

Topologi RT RW Net di Desa
Semangat internet masuk desa murah adalah sebagian cita-cita team SKW, walaupun tidak munafik kadang kala laba juga ada di kepala ini, wajar saja kami dan team juga manusia.

Karena kegigigihan team SKW akhirnya sebagian besar masyarakat di desa kami sudah mempunyai akses koneksi internet via wifi sejak tahun 2015.

Jadi jangan anggap sebelah mata lagi orang desa, sekarang mereka rata-rata melek internet bahkan ada seorang anak desa, sebut namanya X, anak ini beberapa kali mencoba membobol server team SKW, kemajuan besar bukan.

Dari sini saya ingin menginspirasi anak anak muda yang tinggal di pelosok desa, jika sinyal ponsel lemah maka wifi adalah jalan keluarnya dengan niat internet masuk desa, cobalah memulai dari voucher hotspot.

Topologi rt rw net sebenarnya sangatlah sederhana, kami mempergunakan sambungan wifi untuk jaringan kami, dan menggunakan sebuah mikrotik router Os sebagai manajemen bandwidthnya, untuk penjelasan topologi rt rw net ada di bawah ini.

Topologi RT RW Net di Desa

Kita masuk ke Topologinya

ISP --Antena Outdor --Mikrotik--Hub/Swith--Antena Outdoor Hotspot ---Client/HP

Penjelasan

1.ISP (Internet Service Provider)

Saya merekomendasikan dari pengusaha RT RW Net yang mempunyai ijin ISP ataupun dari cabang cabangnya tanyakan pada pengelolanya, kenapa kok tidak dari Telkom, jika sambungan internet Anda dari telkom anda akan berurusan dengan hukum

Karena dalam perjanjiannya ketika Anda amprah internet dari Telkom ada perjanjian yang menjelaskan jika internet tidak boleh diperjual belikan lagi, bisa Anda baca disini syarat ketentuan dari Telkom  http://www.indihome.co.id/syarat-ketentuan

Disitu diatur mengenai hak, kewajiban, sanksi, dll baik bagi pihak pelanggan maupun telkom.

2.Antena Outdor 

Antena Outdor sebagai penerima biasanya kita menyebutnya stasion itu diambil dari nama mode routernya, rekomendasi alat yang paling ekonomis adalah Power Beam M400 5.8Ghz besutan Ubiquity

3.Mikrotik

Cukup RB750 sudah ada port hotspot atau upgrade ke RB750gr3 harganya tidak terpaut jauh, mikrotik disini fungsi utamanya untuk manajement banwidth.

4.Swith Hub

Sebenarnya rekomendasi saya adalah allied telesis gigabyte akan tetapi haarganya cukup mahal untuk sebuah swith hub, turunin dikit make hub kepunyaan TP-link yang lumayan murah meriah usahakan yang gigabyte 16 port.

5.Antena Outdor Akses Point 

Rekomendasi adalah antena Ubnt Bullet M2 dikawinkan dengan omni vezatech 15dbi untuk hotspot,  dimana untuk hotspot kita masih menggunakan frekuensi 2.4Ghz karena banyak ponsel yang masih belum suport frekuensi 5.8Ghz.

Sedangkan untuk client rumahan bisa menggunakan Nano Station M 5.8Ghz, mengapa kita menggunakan frekuensi 5.8Ghz karena frekuensi ini masih cukup aman dari interferensi sinyal dan lebih stabil untuk koneksi wifi.

Perbedaan Hotspot dan Client Rumahan

Antena Hotspot hanya melayani koneksi via ponsel dan laptop, jadi ponsel langsung konek ke akses point dari server. Untuk area coverage maksimal 300 m dari akses point

Sedangkan client rumahan biasanya area coverage 500m sampai 3 km dari akses point, jadi di rumah client harus didirikan antena monopole sebagai stasion penangkap wifi lalu akan kita router menggunakan router indoor baru diterima oleh perangkat lainnya seperti ponsel dan laptop.

Untuk Daftar Harga Peralatan Wifi
  • Power beam M400 Harga : Rp.1.200.0000
  • Mikrotik
  • RB750 Harga : Rp.710.000
  • Hub/Swith
  • Tp Link Swith Hub Harga : Rp.725.000
  • Antena Outdor Hotspot
  • Ubiquity Bullet M2 : Rp.1.150.000
  • Omni Vezatech 15dbi 2.4Ghz Harga : Rp.1.290.000
  • Antena Outdor Rumahan
  • Ubnt Nano Station M5 Harga : Rp.1.210.000
Daftar harga sumber dari Bukalapak harga barang baru, jika Anda beli second biasanya penurunan harga 10- 25% dari harga baru tergantung kualitas barang.

Untuk pemasangan antena serahkan saja ke pengelola RT RW Net, peralatan yang saya maksud adalah pipa besi dan peralatan pendukung lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan pengelola RT RW Net tersebut siapa tau alat-alat diatas dapat dipinjami pengelola RT RW Net, untuk pendirian antena monopole sudah saya bahas di artikel sebelumnya secara lengkap.

Biaya pasang juga sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, untuk biaya pasang biasanya berbeda antar pengusaha RT RW Net dan menjadi rahasia perusahaan. Modal percayalah karena semua pengusaha RT RW Net bersaudara saling membantu,uang rokok dan biaya keringat naik turun genteng wajarlah kita memberi sedekah sedikit karena mereka punya anak dan keluarga.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->