/> Skip to main content

Topologi RT RW Net di Desa

Topologi RT RW Net di Desa
Topologi RT RW Net - Semangat internet masuk desa murah adalah sebagian cita-cita kami, sulitnya sinyal mobile yang mendasari kami untuk mencoba sambungan wifi sebagai alternatif untuk sambungan jarak jauh. Sebuah desa terpencil biasanya tidak termasuk dalam coverage ISP internet karena sulitnya medan.

Koneksi via sinyal wifi dan internet satelit adalah alternatif yang dapat kita pilih agar internet dapat masuk ke suatu desa terpencil. Mahalnya peralatan internet satelit tidaklah dapat kita jangkau, akhirnya sambungan wifi merupakan pilihan satu-satunya. Dengan sambungan wifi kita dapat menembak sinyal hingga 30 KM dari sumber internet, jadi sumber internet dari kota dapat kita sambungkan ke desa memakai antena wifi outdoor dari desa dengan topologi PTP (point to point).

Topologi rt rw net sebenarnya sangatlah sederhana, kami mempergunakan sambungan wifi untuk jaringan local kami, dari sumber internet yang berada di kota kita tembak menggunakan antena wifi dari desa. Untuk mendapatkan koneksi wifi yang stabil diperlukan medan yang "Los (Line of ssight)", maka di dirikanlah antena monopole yang rata-rata di ketinggian 30-50 m dari permukaan tanah.

Kami mempergunakan mikrotik router Os sebagai manajemen jaringan baik firewal dan banwidth, dan beberapa tambahan router sebagai akses point untuk menyebarkan kembali internet melalui sambungan wifi. Frekuensi wifi umumnya mempergunakan kanal yang dibebaskan oleh Kominfo yaitu di frekuensi 2.4Ghz dan 5.8Ghz. Sebagai gambaran topologi rt rw net dengan lengkap adalah sebagai berikut :

Topologi RT RW Net di Desa

ISP  (Internet Service Provider) atau Sumber Internet--Antena Outdor (station) --Mikrotik--Hub/Swith--Antena Outdoor Hotspot (AP)---Client/HP

Penjelasan topologi rt rw net adalah 

1.ISP (Internet Service Provider)

Saya merekomendasikan dari pengusaha RT RW Net yang mempunyai ijin ISP ataupun dari cabang cabangnya tanyakan pada pengelolanya, kenapa kok tidak dari Telkom? jika sumber internet anda berasal dari telkom jelas kita tidak dapat menyebarkannya kembali.

Karena dalam perjanjian pemasangan djelaskan jika koneksi internet tidak boleh diperjual belikan lagi, bisa Anda baca disini syarat ketentuan dari Telkom  http://www.indihome.co.id/syarat-ketentuan

Disitu diatur mengenai hak, kewajiban, sanksi baik bagi pihak pelanggan maupun telkom.

2.Antena Outdoor RT RW Net

Antena Outdor wifi sebagai penerima sinyal diperlukan sebuah antena wifi outdoor yang mempunyai gain dan power besar, kita biasanya menggunakan antena outdoor seperti Powerbeam ubiquity dan dynadish mikrotik. Power antena yang besar dapat mempengaruhi kekuatan antena menembak sinyal wifi dan troughput bandwidth yang ditranmisikan atau dibawa antar antena wifi.

3.Mikrotik

Mikrotik dalam sebuah jaringan merupakan sebuah peralatan yang paling vital karena alat inilah yang akan mengatur lalu lintas sebuah koneksi.

Mikrotik RB750 merupakan salah satu routerboard pilihan kami, harganya yang murah dan kualitas bagus merupakan alasan kami memilih routerboard ini, disamping itu fitur-fiturnya yang lengkap sebagai menejemen jaringan adalah alasan kedua. Anda bisa memilih atau upgrade dengan RB yang lebih bagus seperti RG450 atau RB1100 jika client semakin banyak.

4.Swith Hub

Hub/switch berguna untuk memcabang atau menambah port agar lebih banyak dari mikrotik, yang menghubungkan ke perangkat lainnya secara fisik atau layer 2.

Untuk rekomendasi dari kami adalah allied telesis gigabyte akan tetapi harganya cukup mahal untuk sebuah swith hub, turunin dikit make hub kepunyaan TP-link yang lumayan murah meriah usahakan yang gigabyte 16 port.

5.Antena Outdor Akses Point 

Antena outdoor disini berbeda dengan antena outdoor sebagai input sumber internet, akses point di topologi ke 3 ini adalah alat wifi yang digunakan untuk menyebar atau menghubungkan perangkat lainnya menggunakan media wifi ke dalam jaringan lokal.

Rekomendasi kami adalah antena Ubnt Bullet M2 dikawinkan dengan omni vezatech 15dbi,  menggunakan frekuensi 2.4Ghz karena banyak ponsel yang masih belum suport frekuensi 5.8Ghz.

Sedangkan untuk client rumahan bisa menggunakan Nano Station M 5.8Ghz, menggunakan frekuensi 5.8Ghz karena frekuensi ini masih cukup aman dari interferensi sinyal.

Perbedaan Hotspot dan Client Rumahan

Antena Hotspot hanya melayani koneksi via ponsel dan laptop, jadi ponsel langsung konek ke akses point dari server. Untuk area coverage maksimal 300 m dari akses point

Sedangkan client rumahan biasanya area coverage 500m sampai 3 km dari akses point, jadi di tempat client didirikan antena monopole sebagai stasion penangkap wifi lalu akan kita router menggunakan router indoor.

Untuk Daftar Harga Peralatan Wifi RT RW Net
  • Power beam M400 Harga : Rp.1.200.0000
  • Mikrotik
  • RB750 Harga : Rp.710.000
  • Hub/Swith
  • Tp Link Swith Hub Harga : Rp.725.000
  • Antena Outdor Hotspot
  • Ubiquity Bullet M2 : Rp.1.150.000
  • Omni Vezatech 15dbi 2.4Ghz Harga : Rp.1.290.000
  • Antena Outdor Rumahan
  • Ubnt Nano Station M5 Harga : Rp.1.210.000
Daftar harga sumber dari Bukalapak 2019, jika Anda beli second biasanya penurunan harga 10- 25% dari harga baru tergantung kualitas barang.

Untuk pemasangan antena monopole serahkan saja ke pengelola RT RW Net, peralatan yang saya maksud adalah pipa besi dan peralatan pendukung lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan pengelola RT RW Net tersebut, siapa tau alat-alat diatas dapat dipinjami pengelola RT RW Net.

Biaya pasang juga sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, untuk biaya pasang biasanya berbeda antar pengusaha RT RW Net dan menjadi rahasia perusahaan. 

Akhir Kata

Demikianlah gambaran topologi rt rw net di desa, kami menggunakan mikrotik sebagai manajemen jaringan. Jadi mikrotiklah yang berperan besar dalam jaringan rt rw net karena segala jalur koneksi konfigurasinya kami setting di mikrotik. Pengetahuan tentang mikrotik dasar wajib kita kuasai untuk membangun topologi rt rw net.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->