/> Skip to main content

Praktek Mendirikan Antena Wifi Monopole 20 M

Praktek mendirikan antena wifi monopole 20 m - Untuk menembak Wifi jarak jarak jauh, kita memerlukan sebuah antena layaknya tower BTS yang cukup tinggi jika akses point berada cukup jauh dari rumah. Jika ISP besar pendirian tower adalah wajib digunakan tetapi untuk kita orang kecil mendirikan tower adalah hal yang tidak mungkin disamping dana besar dan faktor ijin juga ribet.

Kita bisa menggunakan alternatif lainnya untuk menembak wifi jarak jauh yaitu penggunaan antena monopole dari pipa besi. Walupun kelihatannya sepele, mendirikan antena wifi yang tingginya 20 m haruslah dipersiapkan dengan rencana yang matang.

Berdasarkan pengalaman saat pendirian antena wifi monopole, jika itu tingginya 20 m lebih maka diperlukan sebuah renncana yang matang untuk keberhasilannya, suatu kesalahan dapat mengakibatkan kecelakaan kerja.

Sebuah perencenaan bisa kita lakukan 3 hari sebelumnya, dimana perencanaan itu dimulai dari identifikasi medan pendirian sebuah antena dan mempersiapkan peratan yang dibutuhkan.

Urutan perencanaan itu bisa anda baca pada artikel sebelumnya yaitu yang berjudul mendirikan antena monopole part 1 part 5. Untuk artikel kali ini saya akan membahas tip pendirian tiang pipa monopole.

Mungkin bagi Anda yang sudah ahli akan menganggapnya remeh "Walah tinggal di didirikan gitu aja repot".

Pedirian antena monopole jika itu didirikan dari tanah mungkin "Iya" sangat mudah sekali, akan tetapi jika didirikan dari atas wuwung genteng mungkin Anda akan kerepotan.

Tahapan Mendirikan Antena Wifi Monopole

Suatu antena yang tingginya 20M memerlukan 4 pipa, jadi jika didirikan secara langsung pastinya langsung roboh.

Nah, inilah yang akan saya pada bahas pada artikel kali ini,yaitu trik mendirikanya agar lebih cepat, aman dan sukses.

Tahap pertama mendirikan antena wifi monopole adalah pengecoran pipa yang dijadikan tempat pipa, pengecoran disini pipa tidak masuk ke cor, tetapi pipa kita letakan di atas cor.

Dan cor kita pakukan sebuah dinabol lalu pipa kita masukan dan kita kasih klem. Kenapa begitu?karena dari pengalaman jika pipa dimasukan cor, pipa besi cepat berkarat, dan air tidak bisa keluar  saat musim hujan.

Jika antena wifi kita dirikan di atas wuwung tata carannya pun demikian yaitu memakai dinabol yang kita tancapkan di wuwung.
Praktek Mendirikan Antena Wifi Monopole 20 M
Memakai 2 dinabol satu masuk pipa dan satunya diluar, jarak antara dinabol sekitar 3-4cm tergantung ukuran dinabol, semakin besar dinabol semakin bertambah jarak antar dinabol, jika jarak dinabol terlalu dekat biasanya sewaktu di bor genteng wuwung akan pecah.

Tahap kedua mendirikan antena wifi monopole adalah dirikan antena satu-persatu, maksud satu persatu adalah pipa kita dirikan satu-persatu, sendeng langsung kita kencangkan karena nantinya akan kita panjat, memakai panjatan buatan.

Sendeng di dua tempat dalam yaitu satu ditengah pipa dan ujung pipa dengan 4 penjuru arah membentuk prisma.

Tahap ketiga mendirikan antena wifi monopole adalah jika pipa besi sudah berdiri lalu kita panjat sampai di pancatan, jangan lupa memakai sabuk.
Praktek Mendirikan Antena Wifi Monopole 20 M
Jarak antara pancatan dan ujung pipa adalah setinggi ketiak, setelah kita berdiri di pancatan dengan sabuk dikencangkan, lalu katrol pipa kedua dengan tali dari atas, dan masukan ke pipa pertama, untuk pipa kedua ketiga cara juga sama.

Cara ini mungkin bagi yang tidak terbiasa akan mengerikan karena kita akan mengangkat pipa sepanjang 6 M dari ketinggian dan memasukannya ke pipa dibawahnya, disinalah diperlukan kuatnya pancatan dan sabuk panjat.

Lanjutkan dengan pembuatan sendeng,setelah selesai angkat pipa kedua sedikit demi sedikit sampai batas lobang yang kita bor di pipa pertama, dan masukan besi/baut agar pipa tidak melorot ke bawah.
Praktek Mendirikan Antena Wifi Monopole 20 M
Kencangkan 4 sendeng secara bergantian dan perhatikan kelurusan antena, lanjutkan ke pipa ketiga adapun cara pipa ke tiga dan ke empat prosesnya juga sama yaitu katrol pipa dari atas.

Tahap kelima mendirikan antena wifi monopole di tahap kelima ini adalah proses akhirnya yaitu proses pemasangan antena wifi outdoor, cara sebearnya hampir sama dengan pengangkatan pipa, yaitu antena wifi kita katrol dari atas.
Praktek Mendirikan Antena Wifi Monopole 20 M
Dari pengalaman, karena kita berada di ketinggian 20 m kadang-kadang kaki akan gemetaran, jadi tenangkanlah diri terlebih dahulu baru pemasangan antena wifi kita lakukan, usahakan kita berdiri tegak dan jangan banyak bergerak saat di atas ketinggian.

Wajib Baca :
Pipa Besi yang Digunakan Mendirikan Antena Wifi Monopole
Cara Mengukur Sendeng Antena Wifi Monopole
Peralatan yang dibutuhkan saat Mendirikan Antena Wifi Monopole

Kesimpulan dari artikel praktek mendirikan antena wifi monopole 20 m adalah perencanaan yang matang dan mengetahui medan yang jelas tempat yang akan kita dirikan wajib kita lakukan.

Dengan perencanaan yang matang akan mempercepat pendirian sebuah antena wifi, pemetaan tempat bisa kita lakukan 3-4 hari sebelum pendirian antena.

Uraian di atas bisa dikatakan sebuah teori dalam pendirian antena wifi monopole adapun nantinya di lapangan tidak sesuai rencana, diperlukan koreksi lagi dari awal untuk mempercepat proses pendirian antena wifi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->