/> Skip to main content

Prakerja Gelombang ke 4 Belum Bisa Pelatihan karena API Token Tidak Valid dan Kelas Tidak Ditemukan, Inilah Penjelasannya

Prakerja Gelombang ke 4 Belum Bisa Pelatihan karena API Tolen Tidak Valid dan Kelas Tidak Ditemukan, Inilah Penjelasannya
Dibeberapa hari ini banyak dari Anda yang mungkin senang sekali karena lolos prakerja  gelombang ke 4, yang pembukaannya sempat ditunda oleh pemerintah karena berbagai alasan. Banyak manfaat yang kami dapatkan dari prakerja ini sebenarnya, bagi kami seorang blogger yang penghasilanya tidak menentu dan ilmu otodidak mendapatkan bantuan pelatihan merupakan hal yang sangat bermanfaat.

Kami bisa mengikuti pelatihan-pelatihan kelas online yang di bimbing oleh pakar-pakar SEO, tentunya hal ini adalah hal yang luar biasa untuk kami. Walaupun di luaran sana banyak yang mencibir prakerja adalah tidak membantu atau apalah yang bersifat negatif tetapi menurut kami bantuan pelatihan seperti ini sangat membantu dan bermanfaat.

Tetapi ada sedikit yang membuat kami agak sedikit kecewa yaitu banyak kelas tidak ditemukan saat kami akan membeli pelatihan. Masalah kelas tidak ditemukan ini bahkan di beberapa hari ini ramai diperbincangan oleh nitizen di media online walaupun tidak sampai menjadi trending. Jadi kelas tidak ditemukan ini kemungkinan besar banyak dialami oleh mereka yang lolos dalam gelombang 4 prakerja.

Nah, diartikel kali ini, sebenarnya masalah inilah yang akan kita bahas yaitu kelas tidak ditemukan dan api key tidak valid.

Kelas Tidak Ditemukan dan API Token tidak Valid di Kartu Prakerja

Jika di dalam account dasboard prakerja mungkin hanya ada 7 mitra yang menyediakan kelas (KEMNAKER, PIJAR, TOKOPEDIA, MAU BELAJAR APA, BUKALAPAK, PINTARIA, dan SEKOLAHMU). Tetapi jika kita lihat pelatihan melalui tokopedia, kemnaker dan bukalapak maka dapat kita temukan puluhan kelas lagi didalamnya.

Silahkan Anda klik lihat pelatihan maka Anda akan dibawa ke situs mitra, kita bisa memilih kelas apa yang akan kita ikuti.

Tetapi sayangnya ketika kita akan mengikuti kelas yang kita minati, sehabis input nomor prakerja eror pun terjadi yaitu kelas yang tidak ditemukan. Inilah yang sedikit membuat kita kesal, bahkan menurut pantauan kami ada banyak kelas yang kejadiannya seperti ini.

Kami menjumpai eror ini terjadi di mitra kemnaker, pijar, mau belajar apa, pintaria dan sekolahmu, tetapi untuk tokopedia dan bukalapak ada beberapa kelas yang sudah membuka pelatihan walaupun perbandinganya jomplang, karena hanya 1 atau 2 kelas saja. Adapun kelas yang sudah membuka adalah skill academy dan bitlab.

Jadi kasus kelas belum ditemukan menurut kami adalah wajar karena memang kelas tersebut benar-benar belum dibuka dan belum menerima siswa. Jika Anda mengalami kejadian kelas tidak ditemukan maka solusinya adalah sabar sampai kelas yang Anda minati dibuka atau mencari kelas lain yang sudah dibuka, mudah bukan.

Sedangkan API token tidak valid adalah kejadian seperti halnya kelas tidak ditemukan tapi eror seperti ini sudah tidak kami jumpai lagi, masalah ini terjadi satu hari setelah pengumuman kelolosan prakerja.

Masalah ini juga sudah dikonfirmasi oleh admin prakerja melalui intagram dimana pihak prakerja sudah meminta maaf atas tidak kenyaman ini. Jadi antar API token tidak valid dan kelas tidak ditemukan adalah 2 masalah yag berbeda.

Dalam dunia komputer API token adalah sebuah sofware interface yang berisi kumpulan intruksi yang menjelaskan cara berinteraksi dengan sofware lain, dan disimpan dalam bentuk library.

Jadi API token merupakan penghubung aplikasi agar bisa berkomunikasi dengan aplikasi lain agar dapat berbagi data. Nah, untuk kejadian API token tidak valid kemarin di prakerja jika dihubungkan dengan pengertian API token maka dengan jelas kita mengetahui bahwa antara sistem prakerja dengan mitra pelatihan belum adanya sinkron databasenya.

Dalam dunia jaringan internet perubahan dns dapat berjalan normal kembali biasanya memakan waktu 6-8 jam atau 1x24 jam untuk sinkron database. Bayangkan berapa banyak mitra pelatihan di prakerja jadi dalam sehari saja jika terlalu banyak database sinkron tentunya sistem akan down.

Mungkin pemilahan-pemilahan mitra yang singkron akan menjadi solusi, makanya di lapangan ada kelas yang sudah menerima kelas pelatihan dan satunya belum menerima.

Jadi kedua masalah eror yang terjadi yaitu kelas tidak ditemukan dan API token tidak valid hanyalah faktor teknis saja yaitu penyesuaian sistem antara prakerja dengan mitra prakerja.

Anda tidak perlu terburu-buru untuk melakukan pembelian jika memang benar kelas yang Anda minati belum dibuka, bisa Anda tunggu 2-3 hari lagi. Tetapi jika kelas tetap belum dibuka maka beralih ke kelas lain mungkin bisa menjadi solusi kedua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->