/> Skip to main content

Pengertian Banwidth, Tidah sama dengan Paket Data

Pengertian Banwidth, Tidah sama dengan Paket Data
Pengertian Banwidth - Ketika kita membeli paket data sering keluar kata-kata berapa giga yang kita dapat untuk pembelian 10rb,50rb dst.Kita mungkin tidak ambil pusing dengan banwidth nya bukan, dan menurut kami bandwith lah yang terpenting.

Tahukan Anda ketika membeli paket data dari operator seluler sebenarnya kita mendapatkan 2 pilihan yaitu Kuota Speed dan Kuota Volume base,untuk pengertian dua kata ini sangatlah berbeda.

Kuota Speed adalah kecepatan Internet yang kita dapatkan dan Kuota Volume base adalah besarnya alokasi internet yang bisa kita gunakan.
Jadi ketika Anda melakukan pembelian paket data yang terfikirkan hanyalah Kuota Volume Base saja,tanpa memikirkan Kuota Speednya.

Sedangkan kuota speed akan mempengaruhi kecepatan Intenet ketika melakukan streaming atupun browsing Anda. Dan yang perlu Anda ketahui lagi adalah kuota speed yang kita dapatkan setiap daerah akan tidak sama dari Operator seluler serta tidak akan tertera/diberitahukan oleh provider Operator seluler.

Kecepatan Internet berhubungan dengan teknologi yang dipakai dalam jaringan provider tersebut, semisal teknologi 3G, Edge, HSPA, 4G dan seterusnya.


Kecepatan Internet inilah yang dinamakan Banwidth dan untuk pengertian secara lengkapnya silahkan diteruskan membacanya.

Bandwidth tidak ada sangkut pautnya dengan Kouta Valume base/jatah berapa byte yang kita gunakan. Jadi sewaktu-waktu jika Internet putus maka yang harus kita curigai adalah kuota Valume basenya dikarenakan Habis.

Dari uraian diatas sebenarnya kita sudah sedikit mendapatkan gambaran tentang banwidth,dimana bandwidth sangat berhubungan dengan kecepatan Internet.

Jadi apakah Bandwidth itu?

Bandwidth adalah jumlah data yang bisa dibawa dari perangkat satu ke perangkat lainnya per detik,maka ukuran tranfer rate digunakan bps (byte per second).

Byte itu sendiri adalah sebuah satuan untuk penyimpanan data dalam sebuah komputer,satu byte terdiri 8 bit.Sedangkan bit adalah binary digit,unit satuan terkecil dari satuan komputasi digital sebuah komputer.

Gimana jlimet bukan untuk memahami kata-kata dalam komputer jika bukan seorang praktisi jaringan,jadi untuk memahami Bandwidth pergunakanlah pengertian dasar saja agar lebih mudahnya.

Jika dalam dunia RT/RW net Banwidth bahasa gaulnya adalah ember,biasanya seorang pengelola RT/RW Net ketika menanyakan bagus tidaknya sebuah Antena Wifi yaitu dengan kata :

"Berapa ember yang kuat dibawa"

Jadi maksudnya berapa Banwidth (Mbps) yang kuat dibawa si antena wifi untuk mentranmisikan sebuah gelombang wifi.

Banwidth berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi dua yaitu Banwidth Analog dengan disimbolkan Hertz (Hz) dan Banwidth Digital (bps),tidak usah saya panjang lebarkan cukup kita ketahui jenisnya saja dikarenakan akan menambah pusing saja,dilain artikel mungkin akan kami bahas.

Pengetahuan tentang Banwidth juga diperlukan bagi seorang blogger, jadi untuk para bloger pengetahuan tentang banwidth juga sangat diperlukan,agar kita tidak tertipu dengan penyedia layanan Hosting yang selalu menggembar-gemborkan ke utamaan Hosting nya,ternyata Banwidth yang didapat sering terjadi trouble.

Banwidth juga dipengaruhi beberapa hal yang menjadikan koneksi Internet stabil, diantanya adalah sebagai berikut :
  1. Latency
  2. Packet Loss
  3. Interferensi
  4. Medan LOS
  5. Penggunaan saranaTeknologinya (Kabel Lan,FO,Wifi)
  6. Tempat server berada
  7. dst
Kenapa di no 7 saya tuliskan dst itu karena masih sangat banyak yang mempengaruhinya,sedangkan itu sudah saya bahas di artikel-artikel sebelumnya silahkan anda ubek-ubek.

Latency sangat mempengaruhi kecepatan Banwidth,jika latency sampai ribuan jangan harap anda mendapatkan internet lancar, anda bisa mengetahui latency dengan mengeceknya lewat perintah CMD (comad line) yang berada di windows dengan mengetikan ping IP server -t atau dengan bantuan aplikasi atau penyedia layanan test speed.

Masuk ke akhir kata yaitu pada kesimpulan, yang kita dapat dari atikel dan kita simpulkan adalah Bandwidth sangat berbeda dengan kuota,kestabilan internet bisa didapatkan jika kecepatan bandwidth dapat mencapai maksimal.

Bandwidth juga dipengaruhi oleh banyak hal untuk mencapai kecepatan maksimal maka diperlukan pengetahuan tentang jaringan yang mendalam untuk mencapai kecepatan maksimal dan itu dapat anda peroleh dari membaca artikel-artikel di sekampunwifianTerimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->