/> Skip to main content

Pengertian Access Point Lengkap dan Contoh Penggunaanya

Pengertian access point - AP atau Radio biasanya kita menyebutnya dalam dunia RT/RW Net,mungkin ada saudara-saudara saya yang belum tau pengertian AP walaupun tiap hari ngomongin kesana kemari tentang AP. Kata ini selalu bergema atau dibicarakan tiap kali ketemu sesama para pengelola RT/RW Net dan menjadi bahan pembicaraan yang tiada habisnya.

Jika kita membicarakan kata AP maka ujung-ujungnya akan membahas Interferensi sinyal yang kian hari semakin parah karena banyaknya AP yang bertebaran di Area Coverage mereka masing-masing.

AP kepanjangan dari access point, jika kami yang menafsirkan secara awam maka pengertian access point adalah antena outdoor yang kami gunakan untuk menyebar sinyal wifi untuk ditangkap oleh antena client dan akhirnya client mendapatkan sambungan Internet dari kami para pengelola RT/RW Net.

Secara sudut pandang kami begitulah kira-kira pengertian access point mungkin akan sedikit berbeda pengertiannya jika access point ditafsirkan oleh orang yang makan bangku sekolah,maksud saya secara teori sekolahan .

Jika berdasar teori jaringan maka access point adalah perangkat jaringan nirkabel yang bertindak sebagai portal atau pintu masuk bagi perangkat lain untuk terhubung ke jaringan lokal (WLAN).

Atau jalur akses yang digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan nirkabel untuk meningkatkan jumlah pengguna yang dapat terhubung.

Sebuah kabel Ethernet dari sebuah Router akan menuju ke access point dan mengubah sinyal kabel menjadi nirkabel dan biasanya disebarkan melalui Wifi.

Jika kita lihat dari pengertian access point maka pasti Anda akan menyangka jika access point adalah Router, mungkin Anda tidak salah karena memang benar jika access point adalah router.

Tetapi sedikit kurang pas jika access point  kita sebut Router karena accses point sebenarnya hanyalah mode di dalam sebuah router sama sepertihalnya repeater, WISP, Client, Stasion dan masih banyak lagi.

Akan sedikit rumit jika mencari perbedaan access point dengan router, tetapi yang jelas adalah access point hanya menyediakan akses ke jaringan yang dibangun router.

Access point hanyalah sub-perangkat dalam jaringan area lokal yang menyediakan lokasi lain bagi perangkat untuk terhubung dan memungkinkan lebih banyak perangkat berada dalam jaringan.

Router dapat berfungsi sebagai access point tetapi sebuah accses point belum tentu bisa berfungsi sebagai Router.

Baca Juga : Definisi Router Lengkap 

Wow..tambah mumet bukan jika kita artikan access point secara teori mungkin akan lebih mudah jika kita pahami access point dengan contoh di lapangan.

Contoh Penggunaan Accsess Point di Lapangan

Saya mempunyai sebuah Router wifi di rumah dan ada teman yang rumahnya sekitar 500M dari rumah yang kepingin nebeng sambungan Internet, karena jarak yang cukup jauh dan tidak mungkin kita menggunakan kabel LAN maka pilihannya adalah menggunakan sambungan Wifi.

Nah disinilah access point diperlukan,kita akan membutuhkan beberapa perangkat jaringan untuk menyambungkan Internet ke rumah teman, perangkat tersebut adalah Antena Router Outdor 2 buah dan 1 Router Indoor.

Router wifi yang berada dirumah, kita sambungkan dengan kabel LAN ke satu buah Antena Router Outdoor dan router ini kita konfigurasi sebagai mode access point agar dapat menyebar Wifi sampai ke rumah teman.

Di rumah teman kita dirikan Antena monopole untuk memasang Router Outdoor satunya lagi dan kita konfigurasi menjadi mode stasion untuk menangkap sinyal Wifi.

Setelah koneksi terjadi antara kedua Router Outdoor kita tinggal menghubungakan ke Router Indoor dengan kabel LAN dan akhirnya teman kita juga bisa ber Internet.
Pengertian Access Point

Gimana sudah jelas bukan posisi access point dimana jika melihat contoh di atas, jika sudah kita lanjutkan contoh perangkat-perangkat access point ekonomis yang sering digunakan sebagai access point di dunia RT/RW Net.

Contoh Perangkat Accsess Point 

  1. Nano Stasion dari Ubiquity,
  2. Rocket Ubiquity,
  3. Tenda O1, 
  4. Tenda O3,
  5. Mikrotik LHG,
  6. Mikrotik Dynadish,
  7. TP-Link CPE 220.
Dan masih banyak lagi Router yang bisa kita gunakan dan fungsikan sebagai access point contoh di atas belum mewakili banyaknya perangkat Router yang beredar di pasar Indonesia.

Jika melihat uraian di atas mungkin accsess point lebih condong ke sebuah koneksi antar antena wifi saja ,tetapi sebenarnya pengertian accsess point lebih luas lagi, misalnya ketika Anda mengaktifkan Hotspot Ponsel maka ponsel Anda juga akan disebut access point.

Router Wifi Anda di rumah juga bisa disebut access point karena juga menghubungakan banyak perangkat.

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel ini adalah memahami pengertian accsess point dapat membantu Anda melakukan konfigurasi sebuah Router saat Anda melakukan instalsi sebuah jaringan, karena mode di dalam sebuah router akan banyak jenisnya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->