/> Skip to main content

Tip Meletakan Router Wifi agar Internet lebih stabil dan tidak lemot

Tip Meletakan Router Wifi agar Internet lebih stabil dan tidak lemot
Pengalaman team SKW menghadapi keluhan client, yaitu menghadapi client yang seenaknya komplain tentang wifinya yang lemot dengan kata-kata ngeyel, dikasih tau ini itu pasti ndak mudeng dan tetap ngeyel maunya menang sendiri, tidak tau jika banyak faktor yang mempengaruhi internet lemot, di antaranya peletakan router wifi.

Cerita dikit ada seorang client yang mengeluhkan internetnya lemot, kami segera menerjunkan team, dan langsung cek keadaan dengan cek signal, cek kecepatan, cek speed, dan sebagainya, dan hasilnya semua oke.

Hanya satu yang di curigai ketika semua orang di rumah itu menghentikan kegiatan internet, seharusnya trafik berhenti, akan tetapi ini yang terjadi trafik jalan terus dan ping membengkak.

Kami mencurigai password bobol dan ternyata benar setelah kami ganti password trafik berhenti, dan kata si pemilik ada  saudara yang memakai dan jarak rumah sekitar 300 m."Tepok jidat dah".

Nah inilah salah satu penyebab wifi lemot yaitu ada perangkat yang terhubung ke router dengan sinyal yang sangat lemah, keadaan seperti ini biasanya membuat latency menjadi besar dan menjadikan router panas akhirnya membuat semua perangkat yang terhubung ke router menjadi lemot semuanya.

Dari pengalaman tersebut kami akan membagikan tip peletakan router yang benar agar wifi tidak menyebar kemana-mana.

Cara Meletakan Router Wifi Yang Benar

1.Letakan Router Wifi  ditengah Ruangan

Karena dengan begitu, semua orang yang ada didalamya mendapat sinyal wifi yang sama baik di depan, belakang,samping dapat dijangkau sinyal wifi, jangan ditaruh di pojok rumah, apalagi di dalam kamar karena tembok bisa menjadi penghalang/meredam sinyal wifi.

2.Jangan letakan Router dekat Microwave

Microwave untuk memanaskan makanan menggunakan elektromagnetik, microwave akan mengganggu sinyal wifi karena juga memancarkan sinyal dan yang terjadi adalah interferensi.

Router juga jangan diletakan didekat sejenis microwave dan benda benda bermaterial logam seperti TV, kulkas, dan sebagainya karena logam bersifat menyerap dan memantulkan sinyal wifi jadi arah wifi menjadi kemana-mana.

3.Letakan di Tempat tinggi

Letakan router di tempat tinggi tetapi jangan terlalu tinggi, karena wifi pribadi maka atur ketinggiannya sesuai kebutuhan.

Karena sifat antena router adalah daya sebarnya omni (360 ') dengan jarak pendek maka meletakan di tempat tinggi dapat memaksimalkan sinyal.

4.Atur Posisi Antena Router

Kebanyakan router mempunyai antena 2, maka bisa diatur lurus dan miringnya, Anda dapat mengarahkan antena ke arah ruangan yang minim sinyal.

5.Menambah Wifi Extender atau Repeater

Menambahakan wifi extender di salah satu ruangan yang minim sinyal adalah solusi jika akses poin utama tidak dapat menjangkau salah satu ruangan.

Memaksakan perangkat konek ke sinyal wifi yang lemah berpengaruh dalam kestabilan internet dan seluruh jaringan wifi yang mengakibatkan latency.

6.Menambah Antena Ekternal Router

Antena ekternal router banyak diperjual belikan di toko-toko komputer, Anda dapat mengganti antena berdasar dbi biasanya semakin panjang antena semakin besar pula kekuatan menyebar sinyal wifi.

Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah banyak faktor penyebab wifi lemot,satu masalah ringan jika tidak diperhatikan akan menyebabkan masalah yang akan lebih besar dan merugikan orang lain, maka sebaiknya masalah tersebut di atasi secepatnya sehingga tidak berlarut -larut. Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->