/> Skip to main content

Pengertian Database Administrator Dasar, Sekedar Tahu

Pengertian Database Administrator Dasar - Database atau basis data adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan untuk memanipulasinya.

Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi,karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi pemakai. Penerapan database dalam sistem informasi disebut dengan database sistem.
Pengertian Database Administrator Dasar
Sistem basis data (database system) adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari atau yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuat tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi.

Dengan sistem basis data ini tiap-tiap orang ataupun bagian dapat memandang database dari beberapa sudut pandang yang berbeda.

Bagian kredit dapat memandangnya sebagai data piutang jika dalam suatu perusahaan, bagian penjualan dapat memandangnya sebagai data penjualan,bagian personalia dapat memandangnya sebagai data karyawan dan bagian gudang dapat memandangnya sebagai data persediaan.

Semuanya terintegrasi dalam sebuah data yang umum, berbeda dengan sistem pengolahan data tradisional, sumber data ditangani sendiri-sendiri untuk setiap aplikasinya. 

Langkah Perancangan Basis data secara umum

Dalam membuat suatu database diperlukan langkah atau tahapan supaya pengorganisasian file dapat menjadi lebih baik, langkah tersebut diantaranya sebagai berikut

1.Menentukan Tipe-tipe file

Basis data dibentuk dari kumpulan file -file dan dalam pemrosesannya transaksi dapat digolongkan sebagai berikut:
  • File Induk (Master file)
  • File transaksi (transaction file)
  • File Laporan (report file)
  • File sejarah (History file)
  • File pelindung (Backuo file)
  • File Kerja (working file)

2.Membuat Akses dan organisasi File

Akses file (file acces) adalah suatu metode yang menunjukan bagaimana suatu program komputer akan membaca record-record dari suatu file.

File dapat diakses dengan dua cara yaitu secara urut dilakukan dengan membaca atau menulis suatu record di file dengan membaca terlebih dahulu mulai dari record pertama, urut sampai dengan record yang diinginkan.

Metode akses langsung dilakukan dengan cara langsung membaca record pada posisinya di file tanpa membaca dari record pertama terlebih dahulu.

Organisasi file adalah pengaturan dari suatu record secara logika dalam file dihubungkan satu dengan yang lainnya.

File dapat di organisasikan secara urutan atau secara acak. Walaupun organisasi file dari pengaksesan file dapat dipandang secara terpisah,tetapi biasnya pembahasan mengenai organisasi file menyangkut keduanya,yaitu
  1. File urut merupakan file dengan organisasi urut dengan pengaksesan secra urut pula
  2. File urut berindeks atau sering disebut dengan ISAM (Index Sequential Access Method) merupakan file dengan organisasi secara urut dengan pengaksesan secara langsung.
  3. File akses langsung atau disebut juga dengan file alamat langsung merupakan file dengan organisasi acak dengan pengaksesan secara langsung.
Nah, itulah sekilas tentang pengenalan tentang Database secara awam, dasar pengenalan database secara singkat tersebut semoga dapat membuka sedikit pengetahuan kita tentang cara kerja database.

Alur data yang dipakai database untuk mendistribusikan data sampai ke user dan dapat dipergunakan untuk mempercepat pekerjaaan kita. Kesimpulan dari artikel ini adalah database sebenarnya hanyalah sebuah kumpulan data apapun yang dipergunakan untuk melihat data-data sesuatu barang/benda atau manusia.Terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->