/> Skip to main content

Wifi Extender Adalah?Jangan Salah Menggunakannya

Wifi Extender Adalah - Jika kita membahas wifi extender pasti selalu timbul pertanyaan perbedaanya dengan wifi repeater,saya pun sampai sekarang juga masih kebingungan jika mendapatkan pertanyaan ini,karena jika dijelaskan dengan tulisan malah ngalor-ngidul alias gagal paham.

Sebenarnya sangatlah mudah untuk membedakan kedua kata ini yaitu dengan mengartikan atau menerjemahkannya kedalam bahasa Indonesia,secara harfiah repeater dapat diartikan mengulang sedangkan extender adalah memperpanjang,gimana jelas bukan.
Kita lanjutkan lagi mencari pengertian wifi extender beserta cara kerjanya agar lebih paham dan kapan waktunya kita membutuhkan peralatan ini.Jika dalam dunia rt/rw net wifi extender adalah sebuah alat yang menghubungkan secara fisik ke jaringan anda melalui koneksi kabel (ethernet) dan menyebarkannya kembali melalui sinyal wireles/nirkabel,karena koneksi melalui kabel maka akan lebih stabil.

Cara kerja wifi extender sangatlah berbeda dengan repeater,jika kita menggunakan extender maka kita bisa mensetting sinyal dengan ssid dan chanel/frekuensi berbeda dari Akses Point dengan begitu sangat mengurangi adanya interferensi sinyal.Jadi sangat berbeda dengan repeater yang cara kerjanya hanya mengulang atau meneruskan sinyal yang diterima dari Akses Point,karena cara kerja repeater hanya mengulang sinyal wifi maka dapat memotong bandwith anda.

Pemanfaatan extender digunakan untuk memperkuat sinyal wifi yang diterima client,lemahnya sinyal wifi dipengaruhi banyak faktor bukan hanya oleh dead spot saja,beberapa faktor yang mempengaruhi lemahnya sinyal wifi adalah sebagai berikut.
  • Interferensi sinyal
  • Medan yang kurang LOS
  • Gain Antena yang kecil
  • Defragsi 
Dengan memakai extender maka sinyal wifi akan mampu menjangkau tempat-tempat dead spot dan dapat mengoptimalkan power antena yang kalah bersaing dengan akses point lainnya yang pada akhirnya sinyal yang diterima client semakin kuat dan lebih stabil.

Wifi extender juga cocok digunakan dalam sebuah jaringan kantor khususnya kantor bertingkat,dengan memasang beberapa perangkat wifi extender di beberapa lantai yang dead spot maka berapun lantai gedung tersebut maka rambatan sinyal wifi kemungkinan masih tercover sinyal wifi.

Penyetingan peralatan wifi extender juga lebih mudah dan simple dibandingkan jika kita menggunakan sebuah router.Karena sifat extender hanyalah memperpanjang atau memperluas saja maka penyettinganya akan lebih cepat.Untuk praktek bisa sedikit saya jelaskan adalah sebagai berikut:

Wifi Extender Tenda N301 
  1. Buka browser ketikan 192.168.0.1
  2. Masuk ke menu login,masukan user : admin password :admin
  3. Masuk ke Internet setting
  4. Masukan IP satu segmen sesuai jaringan 
  5. Selanjutnya,silahkan masuk ke Wireles Setting silahkan ganti ssid
    Wireles Setting
    Wireles Setting Pergantian chanel,frekuensi wifi

  6. Disinah letak perbedaan wifi extender dengan repeater,jika di extender kita bisa mengubah ssid,chanel dan frekuensi wifi sesuai keinginan kita.
  7. Selesai
Nah,demikianlah artikel tentang pengertian wifi extender dan cara penyettingannya,mungkin dengan sedikit artikel ini bisa membuat anda lebih melek dan bisa membedakan perbedaan antara repeater dan extender.Penggunaan wifi extender di area death spot dan penempatan yang pas dapat meningkatkan kualitas sinyal wifi dan kestabilan internet.Terimakasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->