/> Skip to main content

Topologi Jaringan Wifi Apakah Sama Dengan Topologi Jaringan Komputer,Yuk Kita Cari Tahu

Topologi Jaringan Wifi - Artikel ini ditulis hanya untuk melengkapi artikel kami yang berjudul Topologi Jaringan komputer Dasar,dimana dalam artikel tersebut kami pernah menyinggung tentang topologi jaringan wifi.Nah pada artikel ini kami akan mencoba sedikit menjelaskan tentang topologi tersebut,sebenarnya kedua jaringan ini pada dasarnya hampir sama tetapi akan sedikit berbeda jika kita melihat media yang digunakan sebagai penghantar data ratenya, jika Jaringan komputer pada umumnya menggunakan Kabel dan untuk Jaringan wireles menggunakan sinyal radio.
TOPOLOGI JARINGAN WIFI

Teknologi jaringan komputer menurut penulis perkembangannya lebih lambat jika dibandingkan teknologi wireles dimana teknologi wireles sudah mengalami beberapa perubahan besar.

Perkembangan dunia wireles yang sangat cepat ini sebenarnya untuk menjawab tantangan yang terjadi di lapangan,yaitu koneksi sinyal wireles yang sering mengalami gangguan seperti Interferensi sinyal yang membuat koneksi tidak stabil.

Sangat berbeda dengan koneksi via kabel, pemilihan penggunaan kabel untuk sebuah jaringan komputer akan lebih stabil jika dibandingkan jaringan wireles.Kabel UTP sampai saat ini masih digunakan dalam dunia jaringan seperti kantor,sekolahan walaupun teknologi kabel FO sudah ada.

Banyak faktor mempengaruhi kesetabilan jaringan wireles.Salah satu Faktor yang membuat jaringan wifi tidak stabil adalah Topologi jaringan wifi yang digunakan,pemilihan mode sangat berpengaruh baik buruknya koneksi,dan inilah 3 mode yang umumnya dipakai di lapangan.

Topologi Jaringan Wireles

1.PTP (Point to Point)

Jaringan wifi ini mengunakan peralatan antea 1:1,dimana artinya untuk menghubungkan kedua jaringan agar dapat tehubung,satu alat Router dikoneksikan dengan satu Router juga.Jadi Akses Point ini tidak melayani koneksi selain Router yang sudah ditentukan baik IP Addres dan Mac Addresnya.

Model Topologi seperti cocok digunakan untuk koneksi jarak jauh dan menghindari interferensi frekuensi dan data/banwidth yang di koneksikan besar dimana topologi kecepatan jaringan mencapai kecepatan 100MB dan sampai 4Gb full duplex 
PTP (Point to Point)

2.Point To Multipoint (PMP)

Model jaringan kedua ini,Komunikasi antar perangkat ini adalah satu ke banyak,dimana satu Akses Point melayani koneksi beberapa router client. Sistem PMP dikategorikan ke dalam sistem tunggal dan sistem dua arah,,model topologi ini tidak cocok untuk jarak jauh jika keadaan tidak LOS seperti terhalang oleh bukit,pohon,gedung.

Point-to-multipoint juga disebut/disingkat PTMP, P2MP,Kecepatan koneksi mencapai 300Mbps
Point To Multipoint (PMP)


3.Mode Mesh Point

Mode ini biasanya disebut Multipoint to Multipoint,jaringan model ini sering dipengaruhi jumlah hop(Perantara/Router) dan berapa besar data yang dikirimkan,biasanya mempengaruhi  CCQ dan Latency.

Biasanya menggunakan repeater untuk koneksinya,setiap node di di topologi ini selain sebagai Host juga sebagai router.Biasanya digunakan untuk jaringan besar.Lihat Gambar
Mode Mesh Point

Penjelasan melalui kata-kata mungkin akan sulit dicerna,jadi penggunaan gambar untuk menjelaskan mungkin lebih baik.

3 mode topologi jaringan wifi di atas sering digunakan dalam instalasi jaringan wifi,pemilihan mode terbaik adalah dengan mempertimbangankan medan di tempat anda,pertimbangan tersebut di antaranya adalah Interferensi sinyal,LOS medan.Terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->