/> Skip to main content

Tip Trik Mencari Lowongan Kerja di Internet yang Benar dan tidak Tertipu

Tip Trik Mencari Lowongan Kerja di Internet - Internet selain sebagai jendela dunia,Informasi yang yang berada di Internet juga bisa manfaatkan untuk mencari lowongan kerja di Internet.Jika dahulu untuk mencari Lowongan kerja adalah dengan mencari di koran-koran Nasional atau dengan mengunjungi papan pengumuman di Depnaker betapa tidak efektifnya saat itu.

Bahkan dari pengalaman penulis, kita harus mengunjungi setiap perusahaaan dan bertanya apakah ada lowongan seperti di sinetron-sinetron di layar TV.Karena sekarang ada Internet maka mencari Loker impian menjadi mudah tanpa perlu lagi berkeringat-keringat sebelum kerja.

Walaupun begitu mudahnya mencari lowongan kerja di Internet,kita wajib harus memfilter loker tersebut.Para nitizen pastinya tau dengan kejahatan cyber yang sangat kejam,jadi memilih loker dan mengeceknya secara benar adalah hal yang harus kita lakukan terlebih dahulu agar tidak terjebak dengan kejahatan cyber.

Biasanya seorang pencari kerja itu suka tergesa-gesa dalam pencariannya dan tidak teliti dengan kualifikasi yang dituliskan di loker tersebut,karena terburu-burunya pingin segera cepat bekerja, mereka tidak memfikirkan apakah mereka kena tipu?

Sakitnya tu disini??

Masalah lainnya adalah ketika kita sudah mengirimkan banyak lamaran kerja,panggilan interview tidak kunjung datang juga,ini menambah ke galauan kita yang pada akhirnya suatu saat kita tidak memperdulikan apapun,ketika ada panggilan interview maka action kita adalah menerimanya mentah-mentah tanpa adanya filter,masalah ini pasti akan menjadi bumerang kita.


Jadi solusinya gimana?

Nah sekampungwifian akan memberikan tip trik mencari lowongan kerja di Internet,cepat mendapatkan panggilan Interview,silahkan disimak terus kawan.Untuk mengawalinya kita mulai dari cara mengenali ciri-ciri loker penipu:

Ciri Lowongan Kerja Penipu 

  • Kualifikasi tidak mengaharuskan mempunyai pengalaman kerja,seharusnya ditulis fresh graduate silahkan melamar.
  • Lamaran kerja di tujukan ke email gratisan seperti @gmail.co m,yahoo.co m dst.
  • Loker memberikan nomor pribadi
Jika anda menemukan ke-3 ciri tersebut dalam kualifikasi loker maka saya sarankan jangan dilamar pasti ujung-ujungnya anda akan mendapatkan panggilan fiktif  serta akan dimintai uang,mimpi kerja anda akan menjadi ambyar alias anda terjebak dengan modus penipuan,adapun ada panggilan interview maka yang anda datangi alamat perusahaan abal-abal.

Cara mengenali Panggilan Interview Penipu dan email Interview penipu

Nomor yang digunakan biasanya nomor pribadi (085,081,082 dst) seharusnya menggunakan nomor cs perusahaan misal diawali 031,021 dst,jika menggunakan email biasanya email si pengirim adalah alamat gratisan(@gmail.com.yahoo.com dst).

Setelah kita mengetahui ciri-ciri loker penipu,maka cara terbaik untuk menghindarinya bagaimana:
Loker wajib anda check di situs resmisnya,melalui tab carreer di situs tersebut,jika memang perusahaan sedang membutuhkan karyawan maka di tab carrer aka tertera lokernya dan kualifikasi karyawan yang diperlukan.

Jika tab carrer tidak tersedia anda bisa menuju ke email contact perusahaan tersebut,tetapi cara ini kurang efektif,dibalasnya email anda kemungkinannya hanya sekian persen saja.

Rekomendasi sekampungwifian mencari lowongan kerja di Internet adalah melalui situs jobstreet.co m saja bukan yang lainnya seperti (joble,jobsDB,jobs.id,karir,loker.com) alasannya karena hanya melamar kerja dari jobstreets inilah penulis mendapatkan panggilan kerja dari perusahaan asli,dan situs lainnya hanya lewat begitu saja.

Jika anda mengetikan kata loker di pencarian sebenarnya jobstreet selalu nongol di pencarian pertama,mungkin anda juga pernah mencari loker di Jobstreet tetapi karena kurangnya informasi maka anda hanya dibawa muter-muter saja tidak tahu cara melamar pekerjaaan tersebut,boro-boro mendapatkan panggilan Interview sekedar melamar kerja saja membuat kebingungan.

Sebenarnya jika anda melakukan step by stepnya secara benar sesuai intruksi di Jobstreet mimpi kerja anda sudah mendekati kenyataan.

Disini penulis akan sedikit berbagi bagaimana mencari lowongan kerja di Internet di situs jobstreet secara benar dan juga tip trik agar cepat mendapatkan panggilan Interview

Tip dan Trik Mencari Lowongan Kerja Di Internet 

  • Masuk ke Loker Jobtreet lakukan pendaftaran account di Jobtreet,anda wajib mempunyai account Jobstreet,pendaftaran gratis.
  • Lengkapi pendaftaran sesuai apa adanya jangan fiktif 
  • Setelah punya account di Jobstreet langkah selanjutnya adalah melengkapi biodata pribadi/profil secara lengkap,dan disinilah letak yang paling menentukan anda cepat mendapatkan panggilan Interview karena disinilah CV anda sebenarnya,jadi usahakan isi dengan lengkap dan detail,pada kolom mana saja yang wajib kita perhatikan:
  1. Nomor yang bisa dihubungi (berada di tab profil saya)
  2. Pendidikan terakhir
  3. Pengalaman Kerja
Di kolom pengalaman kerja ini isilah dengan sedetail-detailnya pengalaman kerja anda,sekalipun itu hanya magang kerja atau sejenisnya,biasanya perusahaan sangat mengapresiasi pengalaman kerja.
Dan di Tab Resume Diunggah,silahkan anda upload resume terbaru dan resume terbaik yang pernah anda buat,untuk membuat resume secara benar dan rapi silahkan cari contohnya di internet atau jika anda pernah belajar di smk/universitas pasti pembuatan cv yang benar pernah di ajarkan silahkan buka kembali buku anda dan mulailah pelajari kembali.
  • Setelah biodata/profil anda lengkapi dengan benar sesuai kebenaran,sekarang tinggal mencari lowongan sesuai kualifikasi pendidikan dan pengalaman anda.Untuk melamar suatu pekerjaan tinggal anda klik Lamar pekerjaan dengan otomatis lamaran kerja anda akan dikirimkan ke perusahaan yang anda tuju.
Nah,gimana kawan sangat mudah bukan mencari lowongan kerja di Internet,memang internet memberikan kemudahan-kemudahan bagi kita memperoleh Informasi apapun,akan tetapi kemudahan tersebut harus kita filter dengan tepat karena jika tanpa adanya filter yang ketat,kita bisa terjebak dalam penipuan cyber dan itu akan membuat kerugian khususnya kerugian material.

Seseorang yang terobsesi akan suatu hal biasanya seseorang tersebut tidak mengedepankan fikiran rasional,mereka akan melakukan apapun demi tercapainya tujuan,mereka akan tidak sadar walaupun terjebak dalam modus penipuan,maka sangat berhati-hatilah saat mencari lowongan kerja di Internet.Terimakasih


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->