/> Skip to main content

Tenda O3 Access Point Outdoor Murah,Akan Tetapi Kualitas?

Tenda O3 Access Point Outdoor Murah, - Karena dipicu peggunaan media Internet yang besar terutama Dunia Sosmed,dimana sekarang adalah era 4G yang beberapa bulan atau tahun lagi akan berganti ke era 5G,entah apa teknologi yang dihasilkan oleh 5G ini kedepannya.

REVIEW TENDA O3
Kebutuhan data internet sangat luar biasa,semua mobile broadband saling berlomba-lomba dalam kecepatan dan paket data yang murah.Begitu pula dalam dunia jaringan wifi khususnya dunia RT/RW Net banyak bermunculan Hotspot baru khususnya di Kota penulis yang notabene hanyalah sebuah desa kecil.

Para Pengelola RT/RW net belomba-lomba menawarkan jasanya,gebrakan yang paling terbaru adalah pengelola RT/RW net meminjamkan peralatan wifi kepada clientnya secara lengkap,dimana kita tahu peralatan wifi satu paket (Antena Outdoor dan Router) harga mencapai 1- 2 juta belum termasuk biaya pasang dan peralatan lainnya,akhirnya penjualan Router meningkat baik antena Outdoor dan Indoor.

Mungkin itu juga memicu kehadiran Router baru membanjiri kota saya karena peningkatan penjualan Router,yang biasanya sebuah toko hanya menyediakan Router merk Tp Link,sekarang semakin banyak pilihannya dan rata-rata dengan harga yang murah,apakah Brand China?tidak juga.

Router router ini selain menawarkan harga murah serta kekuatan teknologi antenanya "gimana tidak ngiler"selain harga murah ditambah jangkaunnya luas.Contohnnya adalah antenna outdoor merk Tenda yaitu Tenda O3 yang mengklaim jangkaunnya sampai 5 KM, Amazing bukan? hanya dibandrol dengan harga sekitar Rp.450.000 Rp.600.000,( Bukalapak 2019).

Spesifikasi Tenda 03

Mengadopsi teknologi auto-bridging
WISP CPE
2.4GHz 11n
Antena dibekali 12dbi
Wireles Sped 150Mbps
Wireless Security64/128 WEP,WPA-PSK,WPA2-PSK,WPA&WPA2-PSK,WPA,WPA2
Operating mode AP/Station/WISP/P2MP/WDS Repeater/Router
PPTP,L2TP

Pengalaman Team Sekampungwifian Menggunakan Tenda O3 

  1. Bekerja pada frekuensi 2.4Ghz yang rentan Interferensi akan tetapi sudah memakai teknologi wifi standart generasi ke empat yaitu n dimana data rate nya diatas 100 Mbps.
  2. WISP CPE adalah teknologi yang dirancang sebagai solusi jaringan wifi yang tujuannya adalah untuk menjaga ke stabilan koneksi nirkabel jarak jauh dengan pengawasan Video dan tranmisi data.
  3. Mengadopsi teknologi auto bridging,berarti dapat menghubungkan tipe jaringan berbeda beda secara otomatis (ethernet dan fast ethernet).
  4. Tenda access point outdoor ini diklaim jangkaunnya sampai 5 KM mungkin agak berlebihan ,kualitas terbaik untuk terjadi koneksi mungkin maksimal hanya 1 KM itupun wajib PTP,jika menggunakan country china biasanya nyampek maximal 25 dbi akan tetapi kenyataan sebenarnya adalah 12dbi.
  5. Kecepatan tranfer data ratenya hanya sekitar 150Mbs antar perangkat radio,inilah salah satu kemungkinan kenapa kalau dijadikan access point outdoor agak loyo.
  6. Enkripsi/keamanan sudah mengadopsi enkripsi terbaru yaitu wpa2,kemungkinan encripsi security dibobol kecil.
  7. Mode operasi lengkap sekali bisa di jadikan Akses Point dan stasion,Universal Repeater,Repeater,PPOE,dan tentunya WISP sebagai keunggulan router ini sebuah mode untuk alternatif wifi murah.
  8. Topologi bisa Point to point PPTP dan L2TP,sebuah protocol dalam suatu jaringan untuk keamanan tranmisi data.
PPTP  (Point To Point Tuneling Protocol) adalah teknologi protocol jaringan untuk menjaga pengiriman data secara aman dari remote client kepada server.

L2TP  (Layer 2 Tuneling Protocol ) adalah teknologi yang dikembangkan untuk upgrade jaringan PPTP,protocol ini adalah gabungan teknologi PPTP dengan layer 2 Forwarding protocol Tuneling.

Semuannya menurut penulis lumayanlah untuk Router Outdoor seharga segitu jika dilihat dari teknologi yang dipergunakan,serta Mode yang lengkap dipunyai Tenda O3 terutama mode WISP yang tetap dipertahankan di Router Outdoor.Tenda O3 juga bisa dikoneksikan dengan access point outdoor yang tidak satu merk,masih akan terjadi koneksi.(tidak rekomendasi).

Jika boleh saya memberi score untuk alat ini adalah 75% saja kawan,karena pengalaman pernah memakai terjadi eror,mode stasion putus nyambung begitu pula jika dijadikan AP sangat Loyo.

Tenda O3 akan maksimal koneksinya jika point to point sesama Tenda O3,penggunaan country akan berganti maksimal (25 dbi) jika menggunakan Negara China.Router Tenda O3 mempunyai satu keunggulan yang tidak dipunyai Router dikelasnya (antena Outdoor) yaitu mode WISP.Terimakasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->