/> Skip to main content

Perbedaan Wisp Dengan Repeater

Perbedaan Wisp Dengan Repeater - Kepanjangan WISP adalah Wireles Internet Service Provider dan pengertiannya secara umum adalah penyedia layanan Internet (ISP) yang menyebarkan layanan internetnya melalui sambungan wireles.

WISP juga merupakan sebuah mode di dalam router seperti mode akses point, stasion, repeater, bridge  dan lainnya. Mode wisp jika di dalam sebuah konfigurasi router berfungsi sebagai penerima plus penyebar sinyal wireles, jadi mode ini bekerja double.
Perbedaan Wisp Dengan Repeater

Sinyal yang diterima dari akses point akan dipancarkan lagi oleh router dengan IP dan ssid berbeda. Maksud IP&ssid berbeda disini adalah penerima sinyal wireles seperti ponsel dan laptop akan memperoleh IP&ssid dari router WISP bukan dari akses point, jadi router bisa berdiri sendiri (independent), untuk lebih jelasnya kita lihat topologi :

AP (WAN IP:10.10.10.1)---Router WISP(Wan IP:10.10.10.2,LAN IP: 192.168.0.1)---Ponsel(192.168.0.3)

AP(ssid:@wifi)---Router WISP(ssid:sekampungwian wifi)---Ponsel

Nah dari topologi tersebut anda bisa melihat jika mode WISP berdiri sendiri sebagai penerima dan pemancar sinyal wifi, mempunyai hak sendiri untuk menyebarkan sinyal wireles dengan IP dan ssid berbeda dengan akses point yang ditembak, karena mode WISP input dan outpunya berupa WLAN dan LAN.

Sedangkan repeater adalah penguat sinyal wifi, jika dalam sebuah dunia wifi repeater berfungsi sebagai alat untuk memperluas coverage jangkauan sinyal wireles. Repeater juga dan merupakan sebuah mode seperti halnya mode WISP akan tetapi mode repeater tidak berdiri sendiri, mode ini hanya memperluas jaringan wifi saja, sedangkan IP dan ssid wifi yang dipancarkan hanyalah meneruskan akses point yang ditembak, lihat topologi

AP(WAN IP:10.10.10.2)---Router Repeater (WAN IP:10.10.10.2)---Ponsel (10.10.10.3)

AP(ssid:@wifi)---Router Repeater (ssid:@wifi)---Ponsel(@wifi)

Dalam perkembangannya repeater juga bisa disebut wifi extender atau wifi booster, repeater selain memperluas jaringan wifi juga berfungsi untuk memperkuat wifi.

Dari Uraian di atas dapat kita simpulkan perbedaan antara WISP dengan Repeater adalah sebagai berikut:
  • Mode WISP penerima dan penyebar wireles sedangkan repeater adalah memperluas dan memperkuat sinyal wireles
  • Mode WISP bersifat independent sedangkan repeater hanya meneruskan
  • Mode WISP Input & outputnya WLAN dan LAN sedangkan repeater input & outputnya WLAN saja atau LAN saja.
Akhir Kata
Demikianlah perbedaan antara perbedaan antara WISP dengan Repeater, artikel tersebut adalah hasil dari pengalaman di lapangan ketika mempergunakan kedua mode tersebut jadi kesalahan dan tidak kesesuaian dengan pengertian sesungguhnya secara formal diharap maklum karena keterbatasan ilmu penulis.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->