/> Skip to main content

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Mendirikan Antena Wifi Monopole 15 M

Sekampungwifian - Di dua artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang pipa dan cara mengukur tali sendeng untuk artikel kali ini kami coba berbagi tentang peralatan yang diperlukan dalam pendirian antena wifi monopole,karena peralatan yang lengkap bisa mempercepat dalam mendirikan antena.

Bila ketinggian Antena semakin tinggi maka peralatan yang harus dipersiapkan juga akan semakin bertambah,mungkin untuk antena ketinggian 6 M atau satu pipa kita hannya membutuhkan beberapa peralatan,Akan tetapi jika kita akan mendirikan antena sekitar 10 - 15M atau 3 - 4 tiang (pipa),maka peralatan yang akan kita persiapkan lumayan banyak.
Persiapan mendirikan antena 10 - 15M antena wifi monopole,peralatan apa saja yang harus di sediakan :

1.Pipa Besi

Kwalitas pipa usahakan yang terbagus (Kwalitas BSA medium A),yang tebal demi keamanan kita sendiri karena tiang nantinya kan kita panjat untuk mengangkat pipa di atasnya.

Ukuran paling bawah saya rekomendasikan 2 dim dan beurutan 2 dim ,1.5dim,1 1/4 dim(3 Pipa).Jika 2 pipa saya rekomendasikan 2 dim dan 1,5 dim mengapa karena jika sewaktu-waktu terjadi trouble di client (biasa kurang LOS) maka kita dapat menambahkan  pipa satu lagi 1 1/4dim.

Pipa bisa kita tanam dalam tanah atau kita semen atau kita buatkan tempat sendiri di cor rapi biar lebih aman,kelemahan jika ditanam di tanah adalah ketika kita memanjat di atas pipa,biasanya pipa akan amblas dikit demi sedikit dan mengakibatkan kendor di tali sendeng pipa.
Kawat galvanis rekomendasi karena tahan air dan tidak mudah berkarat,Jika kita mendirikan 3-4 pipa usahakan kawat yang dipakai kawat yang agak besar karena dapat berpengaruh dalam kelurusan tiang antena dan untuk 1 pipa atau 2 pipa kawat sedang mungkin sudah mencukupi.Biasanyanya untuk mendirikan Antena ketinggian 15 M kita membutuhkan kawat 20Kg dengan denga 5 sendeng  4 arah.

Kawat Galvanis SNI ( BWG ) terdapat berbagai ukuran antara lain :
BWG 6 ( 5,20 mm )
BWG 8 ( 4,20 mm )
BWG 8 ( 4,00 mm )
BWG 10 ( 3,40 mm )
BWG 12 ( 2,75 mm )
BWG 14 ( 2,10 mm )
BWG 16 ( 1,6 mm ).

Ukuran Kawat Galvanis diatas mungkin kalau di toko bangunan di kota anda si penjual tidak mengerti,usahakan jika membeli sesuaikan sendiri ke wajarannya.

3.Jarum Keras

Jarum Keras ukuran 10M jika 3-4 pipa,dan 1-2 pipa 8M sudah bagus.Jarum keras nantinnya juga sangat berpengaruh dalam kelurusan antena,Biasanya semakin besar jarum keras semakin besar tenagannya untuk menarik tali sendeng.

4.Klem Knalpot

Klem knalpot disini akan digunakan untuk meletakan /mengikatkan tali sendeng ke pipa juga berguna untuk mengunci sambungan antar pipa.Banyak sekali kegunaan klem pipa ini jadi usahakan lebih jika membelinya,Ukuran yang biasa digunakan 2.5dim,2dim,1 1/2dim,1 1/4dim,1dim

5.Bor Listrik dan Mata Bor

Bor Listrik disini digunakan untuk melobangi pipa yang nantinya digunakan untuk menyambung pipa.Ukuran 8mm ke bawah ukuran delapan biasanya digunakan untuk pipa paling bawah pipa ke 2 dan ketiga gunakan

ukuran di bawahnya sesuaikan ukuran baut sebagai pengunci sambungan pipa
Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya yang terpenting kekuatannya.Mata Bor juga harus bagus biasanya merk Nachi sudah lumayan warnanya agak Hitam.

Jika kita memasang antena di atas Dag (cor beton) Mata Bor juga diperlukan.Mata Bor beton dan Bor Besi beda.

6.Baut dan mur

Sediakan mur dan baut yang tahan karat karena kegunaanya sebagai pengunci sambungan pipa setelah kita bor sebelumnya

7.Tang Pemotong 

Usahakan Tang pemotong agak lancip dikit karena berguna untuk melingkarkan kawat dan menyingsetkan kawat

8.Kunci pas berbagai ukuran

Kunci yang diperlukan umumnya ukuran 10,11,12,13 ini wajib kita bawa,yang paling banyak kita gunakan ukuran 12 karena untuk menyingsetkan baut klem knalpot yang mana klem knalpot nanti banyak digunakan.

Dan untuk ukuran 10,11,13 biasanya untuk baut grid,antena power beam jika kita menggunakan antena merk UBNT dan baut dinabol.

9.Sabuk pemanjat

Sabuk wajib harus punya karena keselamatan memanjat adalah nomor 1,sabuk digunakan waktu kita mengangkat pipa No 2 dan seterusnya karena tanpa sabuk kita akan kesulitan,

10.Pancatan

Saya menamakan pancatan karena orang jawa.Pancatan ini buatan sendiri yang terbuat dari lonjoran besi tipis (Biasa digunkan membuat Rak Toko,beli di toko besi )yang di bor menyesuaikan klem knalpot,pancangnya sekitar 30 cm.

Pancatan ini berguna tempat kita berdiam agar tidak melorot ketika mengangkat pipa ke 2 dan seterusnya,memasang klem knalpot di pipa no 2 dan
seterusnya,penampakan
Setelah di taruh di antena :

11.Tali tambang

Usahakan di sediakan sekitar 10 - 20 m karena menurut saya tali tambang sangat bergna sekali ketika kita memerlukan apa-apa dan lupa masih dibawah sedangkan kita berada di ketinggian karena tali tambang bisa membantu untuk membawa alat yang kita pelukan ke atas tanpa harus turun.Untuk menaikan grid tinggal kita katrol,menaikan pipa satu persatu juga kita katrol dari atas

12.Isolasi dan tali krek

Isolasi dan tali krek biasanya berguna untuk merapikan kabel land yang ter untai-untai ndak karuhan alias semrawut tapi menurut saya sangat berguna untuk menempatkan kabel land dengan  tepat antara colokan RJ45 ke Radio Antena.


Sekian Kawan artikel ini saya buat kesimpulannya adalah berhati-hatilah dalam mendirikan antena monopole keselamatan harus nomor satu kawan penggunaan sabuk saat berada di atas ketinggian jangan sampai terlupa.Terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->