/> Skip to main content

Mode WDS Adalah,Fungsi Dalam Sebuah Router

Mode WDS Adalah,Fungsi Dalam Sebuah Router - Masih bingung dengan WDS kawan?Team SKW akan mencoba membantu,karena menurut kami antar Mode di dalam jaringan intinya semuanya sama,dasarnya adalah koneksi atau mengkoneksikan jika dilihat dari kata kerjanya.Lihat Gambar


Baik mode repeater,wisp,wds,bridge coba apa perbedaan dari ke-4 mode tersebut?

Pusing jika dicari perbedaannya tapi kalau persamaannya sama yaitu koneksi/mengkoneksikan atau menghubungan antar akses point,antar router dan seterusnya.


Mode-mode tersebut di atas kadang beda merk biasanya nama di menunya berbeda  kadang mode tersebut  tidak ada di router tertentu (Lihat Gambar Nama WDS di akses point UBNT dan TP-Link),maka dari hal tersebut dapat kita tarik kesimpulan jika ingin mendirikan jaringan ataupun RT/RW net maka dan Radio Router usahakan diseragamkan .

Mode-mode diatas kadang tidak ada jika berbeda merk akan berbeda namanya.

Untuk contoh kasus mode wds bisa bekerja dengan baik,koneksi lancar jika kedua router sama-sama mempunyai mode wds tersebut.

Kembali ke WDS kawan,apakah WDS itu?

Mode WDS Adalah

Wireless Distribution System (WDS) itulah kependekannya dan kalau di bahasa Indonesiakan Sytem Pendistribusian Wifi (tafsir sendiri) dan untuk pengertian menurut cara kerja dan syarat yang harus dipenuhi mode ini adalah sitem jaringan via wireles (tanpa kabel) yang bekerja dengan menghubungkan antara satu Akses point dengan Akses point lainnya dengan mengingat MAC address dari kedua Akses point tersebut.Setingan kedua Akses point, baik itu ssid, password, dan mac address harus sama.

WDS mungkin tidak kompatibel antara produk yang berbeda (bahkan kadang-kadang dari vendor yang sama) karena standar IEEE 802.11-1999 tidak mendefinisikan bagaimana membangun implementasi semacam itu atau bagaimana stasiun berinteraksi untuk mengatur pertukaran bingkai format ini. Standar IEEE 802.11-1999 hanya mendefinisikan format 4-address frame.
Dan untuk syarat yang harus dipenuhi menggunakan Mode WDS sebagai berikut:
  1. Akses Pointutama maupun Akses PointRepeater harus mendukung fitur WDS
  2. Masing-masing IP address Akses Point tidak boleh sama.
  3. Sebagian besar Authentication access point yang didukung dalam WDS adalah WEP 64/128 bit. Dan semua Akses Pointyang terlibat dalam 1 koneksi harus menggunakan Methoda Inkripsi / Authentication yang sama.
  4. Channel Radio yang digunakan harus sama. Misal Channel 6.
  5. Matikan layanan DHCP Server pada Access Point Repeater, karena DHCP akan diambil alih Akses Pointutama yang sebagai default gateway.
  6. Ada kemungkinan WDS tidak berfungsi jika Akses Pointutama danAkses PointRepeater berbeda merk.

Fungsi WDS

Wireless Distribution System memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut.
  • Memperluas jangkauan jaringan (cover area).
  • Menambah  pengguna jaringan yang terhubung akan mengkover lebih banyak.
  • Memperkuat jaringan.
Kesimpulan yang dapat saya ambil adalah mode WDS dan repeater apa ya bedanya,karena sama menurut saya?malah pertanyaan yang keluar di fikiran saya sehabis membaca tulisan saya sendiri"setelah lama saya fikirkan maka  baru bisa menyimpulkan sebagai berikut

Mode repeater dan WDS yang membedakan adalah medianya penghubungnya, pada WDS, kita sama sekali tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan kedua akses point (router) tidak seperti mode lainnya seperti mode repeater yang bisa menggunakan kabel sebagai sarana penghubungnya,sehingga akses pada kabel bersifat disable di mode WDS ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->