/> Skip to main content

Cara sharing printer lewat Wifi menggunakan Laptop dan Hp

Sekampungwifian - Cara sharing printer lewat wifi bisa berjalan dikarenakan Printer wifi mempunyai transceifer untuk terhubung dengan jaringan wifi.Sebuah tranceifer dapat menghubungkan sebuah perangkat ke sebuah jaringan dengan pemancaran pita basis (baseband) sehingga perangkat terebut dapat memancarkan dan menerima sinyal di dalam jaringan.
Dengan dilengkapinya printer dengan tanscifer maka antara Router dan Printer bisa melakukan komunikasi melalui gelombang radio,gelombang ini memakai standar protocol wifi yaitu 802.11,begitulah cara kerja printer wifi bekerja sehingga dapat kita gunakan sebagai share printer.

Pada akhirnya dengan wifi semuanya menjadi mudah,sharing printerpun sekarang bisa kita setting via wifi tentunya lebih efisien dan fleksibel karena tidak memerlukan kabel yang memakan tempat di sebuah ruangan.

Dengan hadirnya teknologi ini dapat mempermudah kita melakukan pekerjaan apapun yang mengharuskan di cetak seperti tugas sekolah atau laporan karyawan.Walaupun kita berada di ujung kantor asalkan masih dalam area coverage wifi maka kita bisa mencetak laporan pekerjaan tanpa harus pergi ke ruangan kantor.Printer keluaran di jaman ini mayoritas dapat digunakan untuk sharing printer lewat wifi.

Adakah yang masih belum bisa Cara setting printer lewat wifi?

Tentunya masih banyak bukan,ini dikarenakan mereka tidak mengetahui,jika printer sekarang sudah bisa mencetak lewat wifi.Sebenarnya printer nirkabel sudah lama dikembangkan dimulai dari printer irDA (infra red) diteruskan printer bluetooth dan yang terakhir printer wifi.

Sebuah jaringan apapun tentunya bertopologi server dan client,sama halnya dengan sharing printer wifi,setidaknya harus ada 2 atau lebih perangkat yang terhubung bisa komputer dengan komputer,komputer dengan laptop atau komputer dengan sebuah ponsel dalam jaringan local.

Komputer 1 kita gunakan sebagai server dan komputer 2 kita gunakan sebagai client dan setingan komputer server dengan client akan berbeda penangannya untuk sharing printer ini sedangkan Printer wifi kita letakan di komputer server tempat dimana driver printer di instal.

Bagaimanakan Cara sharing printer lewat Wifi ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

Cara Setting Komputer Server untuk sharing printer lewat wifi 

  • Instal driver printer jangan sampai gagal,jika terjadi kegagalan maka sharing printer tidak akan dapat berjalan.
  • Mengaktifkan mode sharing di windows,langkah sebagai berikut
Klik menu windows--ketikan pada pencarian "advaced and sharing'--klik Manage advanced sharing settings--di menu change sharing option for different network profile ubah settingan menjadi Turn on di bagian :

Network and Discovery
Private
File and Printer Sharing
All Network
Kusus untuk Password protected sharing  centang turn off,agar client tidak tidak repot-repot memasukan password jika menggunakan sharing printer.

Setelah semuanya turn on lanjutkan klik Save chages.
  • Mengaktifkan Sharing Printer,langkah-langkahnya sebagai berikut :
Klik menu windows--ketikan pada pencarian "device and printer"
--klik Device and Printer--pilih device printer yang akan anda sharing klik kanan--klik Printer Properties--klik tab sharing--centang di bagian "Share this Printer"--Name printer bisa anda ubah atau tetap default---klik Apply
  • Pengaturan sharing printer di sisi komputer server sudah selesai,anda bisa melanjutkan dengan merestart komputer server,agar settingan yang kita lakukan dapat dikenali oleh komputer.

Cara Setting Komputer Client untuk sharing printer lewat wifi 

  • Mengaktifkan Sharing Windows,untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:
Langkah hampir sama seperti pengaturan di Komputer server
Klik menu windows--ketikan pada pencarian "advaced and sharing'--klik Manage advanced sharing settings--di menu change sharing option for different network profile ubah settingan menjadi Turn on semuanya.
  • Mengkoneksikan antar Komputer
Klik menu windows--ketikan pada pencaharian "Network"--klik Network--Pilih nama Komputer yang kita jadikan server klik 2 X
  • Mengkoneksikan Printer
Setelah kita klik 2 X pada komputer server maka akan terbuka tampilan yang menampilkan apa saja yang di share oleh komputer server,karena kita akan melakukan share printer maka klik kanan pilih "connect" printer yang di share oleh komputer server.
  • Pengaturan share printer di komputer clien juga sudah selesai,lanjutkan dengan restart komputer.

Cara Mencetak Lembar Kerja Client Komputer dan Laptop

Untuk cara mencetak lembar kerja di sharing printer via wifi,tidak ada settingan tambahan lainnya,langkah-langkahnya seperti mencetak lembar kerja seperti biasanya tetapi name printer kita arahkan ke printer yang dibuat sharing.

Cara Setting Client Ponsel untuk sharing printer lewat wifi 

Jika untuk mencetak lembar kerja dari komputer dan Laptop,langkah-langkahnya sepertihalnya mencetak tanpa sharing printer,akan berbeda jika kita mencetak menggunakan Ponsel,diperlukan sebuah aplikasi untuk sharing printer lewat ponsel.

Kita membutuhkan sebuah aplikasi dari playstore yaitu Mopria Print Service

Untuk langkah-langkah menggunakan Mopria sebagai sharing printer adalah sebagai berikut :

  • Download dan Instal Mopria Print Service dari Playstore
  • Buka lembar kerja yang akan di print
  • Klik tanda titik 3 di pojok kanan atas pilih Share external
  • Arahkan file ke Mopria Print Service 
  • Klik tombol Print (gambar sebuah Printer),atau klik Paper Size untuk mengatur kertas,ukuran kertas dan pengaturan lainnya


  • Selesai,lembar kerja tercetak.
Sekian cara sharing printer lewat wifi semoga dapat membantu anda dalam mengaplikasikannya di tempat kerja atau sekolah anda,cara ini sudah dipraktekan dan berhasil untuk cara konfigurasi di windows 7,8,10 langkah-langkahnya tidak jau berbeda.Terimakasih



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->