/> Skip to main content

Cara Setting Tenda N301 Sebagai Client

Cara setting Tenda N301 sebagai client - Artikel ini saya buat berdasar pengalaman menggunakan tenda N301 sebagai router pilihan sejak awal berdirinya sekampungwifian Net, kami memilih tenda N301 sebagai pilihan router indoor dikarenakan kestabilan koneksi dan kemudahan dalam penyetingannya. Router ini juga sudah beberapa kali kami bahas pada artikel sebelumnya baik spesifikasi atau kehandalan router ini.

Banyak modifikasi telah kami lakukan dengan router tenda N301 ini, keberhasilan dan kegagalan silih berganti kami telah rasakan. Modifikasi ektrem juga pernah kami lakukan yaitu memanfaatkan router ini sebagai antena modifan outdoor atau bisa dikatakan setting tenda N301 sebagai client.

Apakah berhasil?.

Jika dikatakan berhasil mungkin kurang tepat, karena koneksi yang kami dapatkan jauh dari kata maksimal dimana ccq yang didapatkan sangatlah tidak wajar jika dipaksakan konek ke akses point. 
Mengapa hal ini terjadi tentulah banyak faktor yang mempengaruhi dan faktor yang paling berpengaruh adalah jarak yang lumayan jauh dan medan yang tidak LOS.

Jadi bagi Anda yang ingin memodifikasi tenda N301 sebagai antena outdoor/client maka kedua faktor tersebut harus anda pertimbangkan.

Bagaiman cara mensetting tenda N301 sebagai client, yuk kita ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.
Kita awali dengan peralatan yang kita butuhkan untuk setting tenda N301
  • 2 router indoor (2 Tenda N301)
  • Kabel LAN
  • Box Listrik
  • Pipa
  • Peralatan lainnya (tali krek, isolasi, kunci pas)
Selanjutnya kita modifikasi salah satu router tenda N301, kita bongkar dan masukan pcb nya ke dalam box listrik agar router bisa kita letakan di luar ruangan (outdoor). Untuk modifikasi secara benar dan lengkap bisa Anda baca lagi pada artikel sebelumnya .

Setelah router modifikasi siap dan jadi kita lanjutkan untuk pendirian antena menggunakan Pipa, kita letakan di atas atap rumah atau tempat yang cukup tinggi, hal ini kita pergunakan agar antara router (client) dengan AP bisa terjadi koneksi LOS.

Cara Setting Tenda N301 Sebagai Client

  • Hubungkan kabel LAN ke laptop, setting ip laptop satu segment dengan IP default tenda N301 (192.168.0.2 - 192.168.0.254)
  • Buka browser ketikan ip default tenda N301 yaitu 192.168.0.1
  • Masukan user : admin dan password :admin
  • Pilih tab internet settings, silahkan setting sesuai mode AP, apakah kita mendapatkan ip dhcp atau static (ditanyakan ke provider jaringan anda).
    Cara Setting Tenda N301 Sebagai Client
  • Lanjutkan masuk ke tab Wireles Repeating dan cari mode client, tetapi mode client tidak bisa kita temukan bukan karena memang mode client tidak suport di router ini, untuk solusinya kita dapat memanfaatkan mode WISP. Pasti timbul pertanyaan jika kita memilih mode WISP tentunya sinyal wifi akan menjadi tangkap sebar, sedangkan yang kita butuhkan hanya tangkap saja. Untuk pertanyaan ini kami belum medapatkan solusinya, dan untuk sementara penggunaan mode WISP masih menjadi solusi pengganti mode client di tenda N301.
    Cara Setting Tenda N301 Sebagai Client
  • Karena menu client tidak ada maka kita lanjutkan dengan memilih mode WISP--Scan untuk mengetahui AP yang akan kita tembak/konekan--centang lingkaran kecil--OK
    Cara Setting Tenda N301 Sebagai Client

  • Disini sebenarya proses cara setting tenda n301 sebagai client sebagai sudah selesai tetapi router tenda N301 masih berfungsi sebagai tangkap sebar wifi.Nah,un tuk menonaktifkan sebar wifi kita masuk ke tab Wireles Setting--centang Hide wifi. Dengan cara demikian akhirnya router tenda N301 kita hanya tangkap wifi saja sesuai fungsi client.
    Cara Setting Tenda N301 Sebagai Client
Sampai disini cara Setting tenda n301 sebagai client sudah selesai,dimana router hanya berfungsi sebagai tagkap wifi saja maka kita lanjutkan ke router ke dua, untuk langkah-langkahya sangat mudah seperti dibawah ini
  1. Tancapkan kabel LAN dari router pertama ke port WAN router kedua,
  2. Setting router kedua menggunakan laptop bisa via kabel atau wifi,
  3. Buka browser ketikan ip default tenda N301 yaitu 192.168.0.1,
  4. Masukan user :admin dan password :admin,
  5. Masuk ke Wireles Settings--silahkan kasih nama wifi anda dan konfigurasi password anda--OK
    Cara Setting Tenda N301 Sebagai Client
  6. Selesai.
Untuk konigurasi firewal, remote management di router bisa anda baca di artikel-artikel kami sebelumnya.

Demikianlah cara setting Tenda N301 sebagai client ini kami tulis semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memodifikasi antena indoor menjadi outdoor.

Kesimpulan yang dapat ambil dari artikel ini adalah router tenda N301 memang tidak suport mode client tetapi kita bisa memanfaatkan mode wisp sebagai penggantinya. Koneksi antar router modifikasi dapat berjalan stabil jika medan LOS dan jarak antar radio tidak terlalu jauh (maksimal 300M). Terimakasih




Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->