/> Skip to main content

Cara Pengukuran Kawat Sendeng Antena Wifi Monopole

Cara Pengukuran Kawat Sendeng Antena Wifi Monopole - Di Postingan sebelumnya saya berbagi pengalaman tentang pemilihan "Pipa antena wifi", untuk postingan kali ini kami akan berbagi cara membuat dan pengukuran tali sendeng (tali kawat) karena tali sendeng inilah yang merupakan kekuatan pada tiang antena kita dari guncangan angin, hujan terutama saat dipanjat agar tidah roboh.

Kawat sendeng juga banyak macamnya dan banyak tersedia di toko-toko bangunan di sekitar anda. Diameter kawat juga beragam jenisnya serta kwalitasnya dan yang terbagus adalah kawat galvanis kawat ini tidak akan berkarat karena tahan air dan panas (rekomendasi). Tetapi saya biasanya hanya menggunakan kawat kualitas kedua karena lebih ekonomis dan menghemat anggaran.

Cara Pengukuran Kawat Sendeng Antena Wifi Monopole
Kawat Galvanis

Cara Pengukuran Kawat Sendeng Antena Wifi Monopole

Pertama saya akan berbagi pengalaman cara mengukur berapa panjang yang diperlukan untuk sendeng pipa (paling atas) tengah dan bawah. Cara menghitungnya adalah dengan Teori pytaghoras
Cara Pengukuran Kawat Sendeng Antena Wifi Monopole
Kalau kita perhatikan sendeng kawat dan antena pasti akan membentuk segita, jadilah Teori tersebut dapat digunakan untuk mengghitung berapa panjang kawat yang akan kita gunakan, pemotongan kawat dilakukan sebelum antena didirikan.

Biasanya kawat yang dijual di toko banguanan diperjual belikan 1 ikat, Nah 1 ikat ini akan memmbentuk 1 lingkaran dan tiap lingkaran jika saya ukur panjangnya kurang lebih
1 m.

Untuk menentukan pemotongan kawat dibagian mana, kita tidak usah mengukurnya dengan meteran tetapi dengan ikat kawat ini saja.

Contoh:
Kita memerlukan 15 m jadi kita memotongnya di bagian 15 ikat/lingkaran kawat.
Cara Pengukuran Kawat Sendeng Antena Wifi Monopole

Cara menghitungnya :
Pipa atas  : 15 + 5 =20 akar 20 = 10 jadi panjang kawat yang diperlukan 10m
Pipa tengah : 10 + 5 = 15 akar 15 = 7.5 jadi panjang kawat yang diperlukan 7.5m
Pipa bawah : 5 + 5 = 10 akar 10= 5 jadi panjang kawat yang diperlukan 5 m

Untuk mengikatkan kawat pada pipa ada 2 cara, yaitu cara pertama dibuatkan kluwengan (potongan pipa dan baut /bawa ke tukang Las) dan cara kedua langsung diikatkan di pipa dibawah pipa kita kasih klem.
Antena Wifi Monopole
Gambar di Lapangan :

Antena Wifi Monopole


Wajib Baca :

Mendirikan Antena Wifi Monopole,Pemilihan Pipa Besi

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Mendirikan Antena Wifi Monopole 15 M

Akhir Kata

Pengukuran pemotongan kawat sangat perlu anda perhatikan dan harus Anda ukur dengan teliti karena jika kurang maka kawat akan dismbung dan sambungan kawat sebenarnya sangat dihindari karena akan menyebabkan kawat berkarat. Kedua jika kawat kelebihan dalam pemotongan maka akan mubazir dan akan menyebabkan bajet/biaya kawat membengkak.Terimakasih


























Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->