/> Skip to main content

Cara membatasi Pengguna Wifi lewat IP di 3 Router berbeda

Cara membatasi Pengguna Wifi - Internet anda terasa lelet,apa yang bisa kita lakukan?itulah problem yang banyak terjadi di dunia wifi,sering kali kita dibuat kesel karena wifi terasa lelet sekali padahal kita sangat membutuhkan koneksi untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan kantor yang harus dikerjakan secepatnya.

Banyak user yang langsung mengganti password wifi sebagai solusinya,akan tetapi itu malah menjadi ruwet karena adik,ayah dan keluarga lainnya akan teriak-teriak karena koneksinya terputus,padahal mereka juga memerlukannya.

Sebenarnya banyak faktor yang bisa membuat koneksi kita lelet,salah satu faktornya adalah banyaknya pemakai baik itu yang legal atau Ilegal (pembobol password).Banyaknya pemakai wifi yang terkoneksi dengan wifi pribadi kita tentunya akan membuat Internet down,karena bandwidth terbagi dengan banyaknya user.

Ini diperparah jika ada saudara,teman atau tetangga yang ikut konek ke wifi kita,namanya teman atau tetangga jika tidak dikasih password,kita akan merasa tidak enak mungkin akan di cap pelit dan sebagainya.

Sering-sering mengganti password adalah cara yang sampai saat ini masih dipergunakan para user sebagai salah satu solusi yang paling ampuh mengatasi koneksi internet terasa lelet,tetapi tahaukah anda jika ada cara yang lebih praktis tanpa perlu lagi gonta-ganti password lagi yaitu dengan cara membatasi pengguna wifi.

Karena dunia Router juga berkembang dan berinovasi maka banyak router indoor sekarang ini sudah memasukan teknologi manajemen banwidth didalamnya.Dengan router smart ini kita bisa mengelola pengguna,bandwidth,Backlist user dan seterusnya,akan tetapi di artikel ini saya akan berbagi trik membatasi pengguna wifi dengan 3 router berbeda.

Cara membatasi pengguna wifi di Modem Telkom Indihome

Ketik 192.168.1.1 di browser,setelah tatap muka router terbuka isi Username dan password default yaitu user:admin dan password:admin jika user dan password sudah tidak default atau diganti silahkan hubungi custumer service Telkom.
Setelah berhasil masuk, klik Network – SSID settings. Lalu posisikan di SSID 1 dan ubah isian Maximum Clients dari 32 ke angka yang Anda inginkan,bisa anda kalkulasikan dengan Bandwidth langganan anda.
Misal anda berlagganan Bandwidth 10M kalkulasi untuk 5 orang (ayah,ibu,adik,kakak,anda)jadi tiap orang akan memperoleh 2MB.
Nb: Banwidth 2MB sudah cukup untuk membuka Youtube,Game,FB secara bersamaan.

Cara membatasi pengguna wifi di Router Tenda N301

Ketik di browser Ip default router 192.168.0.1 masukan user dan password seperti biasanya ssetelah tatap muka router terbuka.

Masuk ke tab administration-Lihat di LAN Paramater-Ganti End IP (jika start IP dari seratus maka End IP ganti menjadi 106) maka perangkat yang akan terhubung hanya 5 perangakat.
Klik Ok dan selesai

Cara membatasi pengguna wifi di Router TP-link

Ketik dibrowser IP default router Tp link,yang biasanya sebelum diganti adalah 192.168.1.1 untuk membuka tatap muka router,lanjutkan memasukan user dan pasword.

Setelah konfigurasi terbuka cari tab DHCP-setting seperti di router Tenda yaitu mengganti start IP dan IP ganti angka yang dibelakang saja,contohnya
Start IP : 192.168.1.100 ganti 192.168.1.1
End IP :192.168.1.200 ganti 192.168.1.5

Nantinya seandainya ada perangkat yang konek ke wifi maka maksimal IP yang konek hanya ada 4 perangkat (yang 1 adalah IP router itu sendiri).

Dengan cara membatasi pengguna wifi melalui IP maka bandwidh kita akan aman dan wifi kita tidak akan terasa lemot karena user/pengguna wifi hanya sedikit jadi banwidth akan di distribusikan hanya untuk beberapa perangkat saja.Kelemahan cara ini adalah jika IP sudah terpenuhi oleh perangkat maka perangkat lain yang ingin konek ke wifi tidak akan bisa walaupun kita tahu password wifinya.Terimakasih


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->