/> Skip to main content

Apa Teknologi Vrtual Reality ?Akankah Menjadi Solusi Di Era New Normal

Apa Teknologi Vrtual Reality  - Untuk para gamers tentunya tidak asing dengan VR (Virtual Reality),teknologi virtual yang dapat memberikan efek seperti nyata dalam sebuah permainan game.Dengan pemakaian teknologi ini dalam sebuah game maka para gamer akan dapat berinteraksi secara imajinasi dengan para gamer lainnya dengan efek 3 dimensi.
Dari wikipedia 
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi.

Teknologi ini di visualkan berbetuk masker atau helm,pemain yang menggunakan helm ini akan dibawa ke permainan layaknya mereka dalam kehidupan nyata karena efek 3 dimensi.Kedua pernahkan anda menonton sebuah film 3 dimensi,jika kita menontonnya tanpa penggunaan kaca mata 3 dimensi tentunya berasa biasa-biasa saja akan tetapi akan berbeda jika kita menonton dengan kaca mata 3 dimensi,kita akan dibuat layaknya berada dalam sebuah adegan film tersebut,kurang lebih seperti itulah VR bekerja.

Nah dari sini para ilmuwan mengembangkan teknologi ini lebih menjangkau ke kehidupan nyata alias mengembangkan untuk aktifitas dunia nyata.Seperti kita yang kita tahu jika di berapa bulan ini seluruh dunia terkena pandemi covid-19,akses seluruh umat manusia sangatlah dibatasi mereka hanya bisa bekerja dari rumah masing-masing memanfaatkan teknologi v-call untuk melakukan rapat-rapat kecil membahas masa depan perusahaan mereka.

Pemanfaatan VR ini mungkin merupakan salah satu solusi di masa-masa sekarang ini dan mungkin di masa depan.Efek holografik 3 dimensi yang diberikan oleh teknologi ini mungkin akan memberikan suasana berbeda daripada teknologi lainnya,para pekerja dapat membaca gerak tubuh lawan bicaranya.

Sebuah terobosan terbaru dan cerdas ketika seluruh dunia akan memasuki New Normal atau kehidupan baru,dengan pemakaian teknologi VR ini seluruh umat manusia tidak harus bersinggungan secara nyata lagi ketika mereka melakukan suatu hal misalnya pekerjaan kantor,bersekolah,pergi ke caffee,bahkan bermain game.Walaupun tidak bisa bersinggungan secara nyata tetapi dengan pemanfaatan holografik ini,kita serasa bersama dalam sebuah ruangan atau sebuah forum.

Dan dari kabar terbaru ternyata teknologi ini sudah mulai digarap serius oleh XRspace,bahkan di kanal youtubenya sudah diperkenalkan secara resmi,siapa XRspace?

Pasti anda bertanya begitu dan penasaran apa dan siapa XRspace?

XRspace sebenarnya adalah proyek besar yang digarap bekas CEO-founder HTC yaitu Peter Chou menggandeng studio visual efek Digital Domain Holding yang berbasis di Hongkong sebagai penyedia konten dan produk headset VR HTC.

Sang founder ini memang mempunyai ketertarikan di dunia teknologi VR sejak masih menjabat ceo di HTC,teknologi ini dikawal penuh ketika HTC menggarap headset VR.Peter Chou pernah berkata

"Saya jarang kehilangan kata-kata, tapi setelah saya memasuki kembali dunia nyata lewat media holografik ini, saya sangat takjub hingga terpesona. Saya sangat yakin ini (VR) adalah pengalaman masa depan pekerjaan dan pertemuan jarak jauh".

Semoga teknologi ini terus berkembang dan dapat digunakan walaupun pandemi covid-19 ini berakhir,dengan semangat New Normal dan hadirnya teknologi VR ini semakin membuat kita optimis maju menatap masa depan yang lebih cerah.

Sumber :
Wikipedia
Detik (New Normal Adalah Saatnya VR, Pendiri HTC Luncurkan XRSpace)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->