/> Skip to main content

Pengertian Access Point dalam Dunia Jaringan Komputer

Jaringan wifi pada era digital ini dapat kita temukan dimana-mana baik ditempat umum, sekolahan, kantor bahkan di tempat perbelanjaan, bahkan mereka banyak yang menyediakan free. Wifi di cafe atau warkop merupakan sesuatu yang wajib harus disediakan.

Jika jaman dahulu orang yang mempunyai bisnis jual beli, biasanya memakai jampi-jampi untuk menarik pelanggannya, tetapi di era digital ini agaknya sudah berubah 180 derajat karena sebuah jampi-jampi berevolusi menjadi wifi, coba liat warkop-warkop di sekitar kita tanpa wifi pasti usahanya akan sepi.

Begitulah wifi di era digital sekarang ini, wifi sudah menjelma menjadi alat yang dapat digunakan promosi untuk menjaring konsumen.

Apa wifi ?

Tanpa saya jelaskan lagi, Anda pasti tahu dan sudah akrab dengan wifi, masih adakah yang tidak faham dengan wifi, jika masih ada silahkan baca pengertian wifi di artikel sebelumnya atau baca DISINI.

Suatu sinyal wifi di sebarkan oleh sebuah accsess point agar dapat diterima oleh hp atau laptop, accsess point ini dapat kita letakan di tempat yang pas agar dapat menjangkau semua perangkat seperti hp dan laptop..

Apa Accsess Point?
PENGERTIAN ACCESS POINT
Nah, sebenarnya pada artikel ini accsess point inilah yang kita bahas, dari pengertian di atas accses point adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer.

Mungkin jika membaca pengertian accses point di atas Anda akan kebingungan, karena pengertiannya hampir sama dengan perangkat jaringan lainnya seperti router, hub/switch dan lainnya. Dari situ kami menawarkan pengertian accsess point berdasarkan tafsir sekampungwifian agar lebih mudah dipahami. 

Jika tafsir sekampungwifian accses point (AP) adalah sebuah mode yang dimiliki sebuah router untuk saling terhubung dengan perangkat lainnya, dimana mode ini dapat kita konfigurasi dalam settingan router, hampir semua router indoor di pasaran mempunyai mode ini, lihat gambar

 Router indoor Netis
Pengertian Access Point

Gambar di atas adalah tatap muka sebuah router, disana jelasterlihat jika accsess point hanyalah sebuah mode yang digunakan untuk menghubungkan router dengan perangkat lainnya yang bisa menangkap sinyal wifi.

Sedangkan fungsi access point secara khusus adalah sebagai berikut :
  • Penyebar/memperluas sinyal wireles ke area coveragenya
  • Sebagai jembatan penghubung jaringan lokal dengan nirkabel
  • Fungsi keamanan, dimana accsess point ini biasanya menerapkan kemanan encripsy wep dan wap yang biasanya kita kenal key-autenthication.
  • Sebagai subneting otomatis, fungsinya adalah untuk mengatur secara otomatis ip yang didapat sebuah perangkat yang terhubung.
  • Juga bisa sebagai hub/switch, yaitu menghubungkan sebuah koneksi antar satu perngakat dengan perangkat lainnya dengan sinyal wireles.
  • Mengatur akses yang didapat sebuah perngakat, yang biasanya accses point membaca sebaua NIC Mac Addres sebuah perngakat lalu mengidentifikasinya.
Accses point di dalam dunia wifi atau rt/rw net lebih terkenal sebagai antena server yaitu antena yang menjadi pusat dalam menyebarkan sinyal wifi ke area coveragenya. Sebuah perangkat yang menjadi titik point atau sentral untuk terhubung ke internet.

Jika kita mempelajari accsess point lebih dalam maka akan menemui hal-hal yang tidak terduga, contohnya adalah sesama router tidak bisa terhubung, walaupunn kita sudah melakukan konfigurasi ip atau mac address sebagai alat komunikasinya. Masalah ini biasanya dikarenakan kesalahan kita membeli router sebagai accsees point.

Jadi rekomendasi jika akan melakukan instalasi sebuah jaringan dan pemanfaatan wireles maka menyeragamkan merk sebuah accsess point akan lebih baik untuk menghindari kegagalan koneksi antar perangkat.

Untuk itu telitilah dalam memilih accsess point, kegagalan koneksi adalah konsekuensinya jika terjadi kesalahan. Banyak hal yang harus kita perhatikan dalam memilih accsess point, berikut rekomendasi beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memeilih perangkat accsess point dari Sekampungwifian
  1. Frekuensi yang digunakan
  2. Kemampuan akomodasi user 
  3. Penggunaan chipset rekomendasi
  4. Power Antena yang digunakan
  5. Suport protocol wifi terbaru.
Penjelasan ke lima point-point di atas sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya,silahkan di baca kembali untuk lebih lengkapnya.

Akhir Kata
Kesimpulan yang bisa kita ambil dari artikel pengertian access point ini adalah sebuah perangkat router mempunyai banyak mode di dalamnya dan fungsinyapun berbeda-beda untuk membentuk suatu jaringan komputer.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->